oleh

Bupati ASA Serahkan Program Bantuan Bedah Rumah di Sinjai Utara

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Bantuan program Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau bedah rumah di Kabupaten Sinjai terus digenjot. Kini realisasinya mencapai 90 persen.

Sejumlah unit rumah yang telah selesai di bedah atau dikerjakan, satu persatu mulai diserahkan ke penerima bantuan. Seperti di Kelurahan Lappa dan Bongki, Kecamatan Sinjai Utara.

Bantuan program Bedah Rumah yang bersumber dari Kementerian PUPR ini diserahkan secara simbolis oleh Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA), Senin (12/10/2020)

Dalam kesempatan itu, Bupati ASA mengajak kepada penerima bantuan senantiasa bersyukur, pasalnya tahun ini program Bedah Rumah kembali dapat dilaksanakan meski ditengah pandemi Covid-19.

Apalagi, jumlah penerima bantuan di Kabupaten Sinjai selama dua tahun terakhir meningkat 100 persen. Dari 300 rumah di tahun 2019 menjadi 654 unit rumah tahun 2020.

“Saya berharap kedepan lebih banyak lagi masyarakat yang mendapatkan manfaat dari program ini sehingga tidak ada lagi warga yang tinggal dirumah yang kurang layak. Makanya kita Dorong Dinas terkait agar ini bisa dimaksimalkan”, kata ASA usai menyerahkan program bantuan bedah rumah itu di Kelurahan Bongki.

BACA JUGA: HMI Sinjai Segel dan ‘Usir’ Karyawan Kantor PT. Mandala Finance, Ada Apa?

BACA JUGA: Calon Direksi PDAM Tirta Sinjai Bersatu Jalani Fit and Proper Test

Menurut, Bupati ASA, bahwa program ini upaya Pemerintah untuk mendorong derajat kesehatan masyarakat. Sebab, kata dia, untuk mewujudkan masyarakat yang sehat, itu berawal dari rumah.

Dari data Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Sinjai, program Bedah Rumah ini menyentuh 14 Desa dan 4 kelurahan. Dengan total 654 unit rumah.

Bantuan ini terbagi tiga jenis program pemerintah yaitu BSPS reguler sebanyak 220 unit, program BSPS strategis sebanyak 300 unit dan program BSPS khusus untuk kawasan kumuh dalam kota sebanyak 134 unit.

Sedang total anggaran yang digunakan untuk program BSPS tahun ini di Kabupaten Sinjai Rp 11, 4 miliar. Jumlah ini terdiri dari program BSPS reguler dari dana APBN sebesar Rp 3,8 miliar, BSPS Strategis juga dari APBN Rp 5,2 milyar serta program BRS yang berasal dari dana alokasi khusus (DAK) senilai Rp 2,3 miliar.

Penyerahan bantuan bedah rumah tersebut dihadiri Kadis PUPR Sinjai, Andi Taufiq Asapa, Kadis Sosial Sinjai, Drs Muh Irvan, Kadis Kominfo dan Persandian Sinjai Irwan Suaib, Sekretaris Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Sinjai, Muh Arfah, Camat Sinjai Utara,Hj Andi Haryani Rasyid serta Lurah Lappa dan Bongki. (Ads)

Komentar Facebook

BERITA TERBARU