oleh

Bupati ASA Terima Deputi Kepala BI Sulsel, ini yang Dibicarakan

KABARSINJAI.COM, – Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA), menyambut baik upaya Bank Indonesia (BI) dalam melakukan perluasan percepatan transaksi digital di Bumi Panrita Kitta’ sebutan daerah Kabupaten Sinjai.

Upaya itu ditandai dengan rencana penyusunan roadmap Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) yang disampaikan langsung, Deputi Kepala Perwakilan BI Sulsel, Rudy Bambang Wijanarko saat menemui Bupati ASA di rujabnya, Senin (25/10/2021)

Rudy Bambang Wijanarko mengatakan, pihaknya kini tengah mendorong percepatan perluasan digitalisasi elektronik yang diawali dengan penyusunan roadmap di Kabupaten Sinjai.

Tujuannya, untuk memudahkan sistem penerimaan pendapatan daerah baik melalui retribusi maupun pajak daerah.

BACA JUGA: Pimpinan BNI Temui Bupati ASA, Bahas Program ‘Smart City’, Begini Konsepnya

Tidak hanya mempermudah sistem pembayaran, namun juga memudahkan Pemerintah dalam transaksi pendapatan dan belanja Pemerintah Daerah dari cara tunai menjadi non tunai berbasis digital.

“Ini memang untuk lebih mempermudah transaksi perekonomian di daerah melalui Quick Response Indonesia Standar (QRIS),” jelasnya.

Bupati ASA menyambut baik upaya Bank Indonesia (BI) dalam melakukan perluasan percepatan transaksi digital di Bumi Panrita Kitta’ sebutan daerah Kabupaten Sinjai.

Menurut Bupati ASA, dukungan BI Sulsel terkait percepatan transaksi digital di Sinjai mendorong terwujudnya tata kelola keuangan yang lebih baik dan meningkatkan potensi penerimaan Pemda melalui pemanfaatan teknologi, inovasi produk dan saluran distribusi.

BACA JUGA: Plt Gubernur Keluarkan Edaran PPKM, Sinjai Masuk Level 3

“Digitalisasi ini kedepannya akan mampu berkontribusi dalam mengoptimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dalam mewujudkan efisiensi, efektivitas dan transparansi pengelolaan keuangan,” ungkapnya.

Hal telah dibuktikan dengan penerapan penarikan pendapatan daerah melalui digitalisasi seperti penarikan pajak restoran, hotel, BPHTB, PBB-P2, reklame, ditambah retribusi pariwisata hutan Mangrove Tongke-Tongke.

Audiens Deputi Kepala Perwakilan BI Sulsel, Rudy Bambang Wijanarko turut dihadiri Sekda Sinjai, Drs Akbar, Asisten Administrasi Umum, Haerani Dahlan, Kepala Badan Pendapatan daerah (Bapenda) Asdar Amal Darmawan serta Kepala Bank Sulselbar Sinjai, Muh Anas. (Ay)

Komentar Facebook

BERITA TERBARU