oleh

Bupati ASA Terkesima Melihat Pertunjukan Tarian Kolosal Gau Pakkaja’

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Gau Pakkaja merupakan kebudayaan masyarakat Lappa yang diselenggarakan sebagai ungkapan rasa syukur kepada yang maha kuasa terhadap rezeki yang diberikan melalui hasil laut.

Demikian disampaikan Ketua PKBM Todilaling, Hj. Ernawati Madi saat opening ceremony Festival Budaya Maritim Gau Pakkaja’ di dermaga Pelabuhan Cappa Ujung, Kelurahan Lappa Sinjai Utara. Sabtu malam, (23/10/2021)

“Sinjai memiliki beragam kearifan lokal yang perlu diangkat, salah satunya Gau Pakkaja sebagai kegiatan masyarakat dalam kehidupannya selama ini hanya ditujukan dalam lingkup masyarakat pesisir Lappa” ujarnya.

Melalui perhelatan festival budaya ini, pihaknya melibatkan sejumlah sanggar seni, dan komunitas budaya di Sinjai dengan menampilkan pertunjukan tarian kolosal di atas 13 perahu yang menceritakan aktivitas masyarakat nelayan Lappa.

BACA JUGA: Ribuan Warga Padati Pembukaan Festival Gau Pakkaja’

Hal ini membuat Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) bersama Forkopimda dan jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai serta masyarakat umum, tampak terkesima dengan aksi para penari yang jika diperkirakan ada 50-an orang, mempertontonkan pertunjukan tarian kolosal.

“Ini merupakan bukti dan menjadi bagian betapa hebatnya komunitas yang ada di Sinjai dalam memajukan budaya lokal,” ujar Bupati ASA.

BACA JUGA: Sambut Festival Gau Pakkaja, Warga Lappa Kompak Lakukan Kerja Bakti

Orang nomor satu di Sinjai ini juga mengaku bangga atas pencapaian PKBM Todilaling yang dipercayakan oleh Kemendikbud Ristek RI melalui program fasilitasi bidang kebudayaan untuk menggelar event ini.

Bupati ASA dan jajaran Forkopimda tampak serius menyaksikan pertunjukan tarian kolosal pada pembukaan Festival Gau Pakkaja’. (Foto Ist)

“Saya sangat bangga, sebab dari 9.461 proposal yang masuk, hanya 144 yang diterima termasuk salah satunya PKBM Todilaling ini,” tuturnya.

Ia berharap, festival budaya ini dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, paling tidak menjadi bagian dari pemulihan ekonomi nasional khususnya pekerja budaya yang mampu berkarya walaupun dimasa pandemi Covid-19.

BACA JUGA: Bupati ASA Sambut Baik Festival Gau Pakkaja, Ingat Jaga Prokes

“Besar harapan saya festival Gau Pakkaja’ ini menjadi momentum bagi kita semua untuk memulai berkarya kembali, setelah vakum selama kurang lebih 2 tahun dikarenakan Covid-19,” harap ASA.

Sekedar informasi, pelaksanaan festival budaya Gau Pakkaja’ akan dihelat hingga 30 Oktober 2021 mendatang.

Acara pembukaan ini turut dihadiri oleh Ketua DPRD Sinjai Jamaluddin, para Forkopimda, Sekda Sinjai Akbar, para Kepala OPD, dan masyarakat umum, serta disaksikan secara daring oleh Sekretaris Jenderal Kebudayaan Kemendikbud Ristek RI, Fitra Arda. (Baso)

Komentar Facebook

BERITA TERBARU