oleh

Bupati Paparkan Visi Misinya Dalam Membangun Sinjai Lima Tahun Kedepan

KABARSINJAI.COM, SINJAI, – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sinjai menggelar rapar Paripurna Istimewa dalam rangka penyampaian pidato visi misi Bupati Sinjai masa jabatan 2018-2023, di Ruang Paripurna DPRD Kabupaten Sinjai, Selasa (2/10/2018)

Rapat paripurna Istimewa ini dipimpin ketua DPRD Sinjai Abd. Haris Umar dan dihadiri Bupati dan wakil Bupati, unsur forkopimda, Para Wakil Ketua dan Anggota DPRD Sinjai, Sekda Sinjai, Para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, para ketua tokoh pemuda, tokoh agama, LSM dan undangan lainnya.

Dalam pidato pengantarnya, Ketua DPRD Sinjai, Abd. Haris Umar mengatakan, penyampaian visi-misi merupakan agenda strategis untuk memberikan gambaran program bupati dan wakil bupati di pemerintahan lima tahun kedepan.

“Meskipun Visi-misi bupati telah dipaparkan pada saat proses Pilkada lalu, namun moment ini menjadi elemen penting dalam penyusunan perda Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) lima tahun kedepan dan akan bermuara kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sinjai,” pungkasnya.

Baca Juga: Bupati ‘Tantang’ DPRD Sinjai Bantu Korban Gempa Palu dan Donggala

Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa membacakan visi dan 10 misi termasuk program strategis yang akan dilaksanakan dalam jangka lima tahun kedepan.

Visi : Terwujudnya masyarakat Sinjai yang mandiri, berkeadilan dan relegius melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia yang unggul berdaya saing.

Misi:

  1. Mewujudkan pemerintahan yang efektif, efesien, bersih dan demokratis melalui penyelenggara pemerintahan yang profesional, aspiratif, pastisipatif dan transparan.
  2. Membangun kolaborasi antara pemerintah, pelaku usaha dan kelompok-kelompok masyarakat untuk mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat.
  3. Membangun kemandirian ekonomi dan kesejahteraan masyarakat dengan mengoptimalkan sumberdaya daerah yang berpijak pada pemberdayaan masyarakat yang berkelanjutan dengan tetap berpegang pada kelestarian lingkungan.
  4. Meningkatkan sumber-sumber pendanaan dan ketepatan alokasi investasi pembangunan melalui penciptaan iklim yang kondusif untuk pengembangan usaha dan penciptaan lapangan kerja.
  5. Mengoptimalkan ketepatan alokasi dan distribusi sumber-sumber daerah, khususnya APBD, untuk peningkatan kesejahteraan rakyat.
  6. Meningkatkan kecerdasan dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang beriman dan bertaqwa kehadirat Tuhan yang Maha Kuasa.
  7. Meningkatkan peran Kabupaten Sinjai secara lebih efektif guna menjadikan Kabupaten Sinjai sebagai pusat pelayanan di Provinsi Sulawesi Selatan, utamanya dalam bidang Agama, Pendidikan, Kesehatan, Ilmu Pengetahuan dan Tekhnologi, Ekonomi Kerakyatan, Informasi dan Transportasi, Perdagangan dan Pariwisata.
  8. Meningkatkan kuantitas dan kualitas sarana dan prasarana publik dengan memperhatikan kelestarian lingkungan.
  9. Menata kelengkapan ekonomi masyarakat agar mempunyai daya saing dengan mendorong iklim berusaha dan investasi yang kondusif dalam menopang perekonomian daerah.
  10. Mendorong terciptanya ketentraman dan ketertiban dalam kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat melalui pembuatan peraturan daerah, penegakan peraturan dan pelaksanaan hukum yang berkeadilan.

Sementara itu, pokok pikiran dari penjabaran visi dan misi diatas, Andi Seto menuturkan akan menjadikan Sinjai sebagai sentra pengembangan sapi di sulawesi, penyediaan sarana alsintan, bibit, pupuk dan pembangunan jalan tani, mencanangkan jamkesda plus untuk pelayanan kesehatan secara menyeluruh, pembangunan Rumah sakit type D.

Baca Juga: Gempa Gegerkan Masyarakat, Bupati Sinjai: Jangan Panik Gempa Tidak Berpotensi Tsunami

Selain itu lanjut Bupati, program lainnya yakni program pendidikan gratis menyeluruh dengan mebyiapkan perlengkapan sekolah dan seragam, menyelesaikan pembangunan Islamic Centre sebagai pusat syiar islam, pemberian bantuan hukum secara gratis bagi masyarakat tidak mampu.

Program peningkatan dan pemerataan sarana dan prasarana pendidikan, program pembinaan dan pemberdayaan perempuan, anak dan masyarakat penyandang disabilitas, mengembalikan kembali kejayaan Perssin Sinjai serta program lainnya.

“Kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik dalam menjalankan pemerintahan. Semoga Allah SWT memberikan kemampuan kepada kita untuk menjalankan dan memenuhi cita-cita ini untuk kemajuan sinjai.” tuturnya. (Mirza)

Editor/Irawan.

Komentar Facebook

BERITA TERBARU