oleh

Bupati Sinjai Canangkan Program 100 Hari Kerjanya di Sektor Peternakan

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Bupati Sinjai, A. Seto Gadhista Asapa mencanangkan Program Inseminasi Buatan (IB) Plus di Lapangan Lappaharu Desa Bulu Tellue Kecamatan Bulupoddo, Selasa (18/12/2018).

Pencanangan program IB Plus ini merupakan program kerja 100 hari Bupati dan Wakil Bupati Sinjai di sektor peternakan yang telah tertuang dalam RPJMD 2018 – 2023.

A. Seto mengungkapkan, Program IB Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (Upsus Siwab) adalah program Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian.

Baca Juga: Polisi Akhirnya Meringkus Nasrullah Setelah Menganiaya Kakaknya Hanya Karena Warisan

Hal ini menurutnya, sejalan dengan visi misinya sebagai Bupati 5 tahun kedepan di sektor peternakan yang mana ingin Menjadikan Sinjai sebagai salah satu sentra sapi ternak potong di Kawasan Indonesia Timur.

” Jadi program IB ini adalah upaya penerapan teknologi dalam peningkatan populasi dan mutu genetik sapi, penyebaran bibit unggul sapi sehingga dapat dilakukan dengan mudah dan cepat,” katanya.

Dikatakan, IB Plus juga merupakan perpaduan antara dua program yang dijadikan satu yakni pemberian IB secara gratis dan asuransi gratis.

Olehnya itu, melalui program IB Plus ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat khususnya bagi peternak sapi atau masyarakat yang memiliki ternak sapi.



” Program ini sangat menjanjikan dan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat karena anak sapi hasil IB yang baru lahir telah ditawar dengan harga Rp. 5 Juta dibanding bayi sapi lokal yang dihargai dengan Rp. 4,5 juta,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Sinjai, drh Aminuddin Zainuddin mengungkapkan bahwa tujuan program IB Plus ini tidak lain adalah untuk menambah populasi dan memperbaiki genetik sapi.

Selain itu, juga untuk meningkatkan kualitas ternak sapi melalui program IB Plus dengan pemberian bibit berkualitas bagus dari Pengembangan sapi di Singosari.

Baca Juga: Jelang Pemilu 2019, Disdukcapil Sinjai Musnahkan 12.635 Keping KTP-el Invalid

” Kita ingin meningkatkan kualitas dari pada sapi itu sendiri karena sperma yang dimasukkan adalah sperma berkualitas bagus dari Singosari yang berat jantannya itu 1,3 Ton,” tandasnya.

Dalam kesempatan ini pula, disebutkan target IB Plus ditahun 2019 mendatang oleh Pemkab Sinjai adalah sebanyak 10 Ribu ekor.

Turut hadir Forkopimda, Kepala Perangkat Daerah, para Camat, Kepala Desa serta para kelompok tani se-Kabupaten Sinjai. (Mirza)

Editor/Riswan.

Komentar Facebook

BERITA TERBARU