Bupati Sinjai Saksikan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama P3-TGAI

KABARSINJAI.COM, Sinjai, –Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) Tahun 2019 antara Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dengan Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) dari Kabupaten Sinjai, Bone dan Bulukumba berlangsung di Ruang Pola Kantor Bupati Sinjai, Sabtu (14/9/19) siang.

Penandatanganan  perjanjian kerjasama dan Fakta Integritas ini turut disaksikan oleh Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa, Sekretaris Daerah Sinjai Drs. Akbar, para Kepala OPD, para Kabag, Camat, Kepala Desa/Lurah se-Kabupaten Sinjai.

Kepala Satker Operasi dan Pemeliharaan Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang, Ir. Hj. Nurlaela menyampaikan bahwa penandatanganan perjanjian kerjasama ini adalah mendukung kedaulatan pangan nasional dan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor strategis ekonomi domestik.

Selain itu untuk meningkatkan kinerja layanan irigasi kecil, irigasi desa dan irigasi tersier dengan sasaran, pemberdayaan P3A, GP3A, IP3A.

“Dalam perjanjian ini termasuj kegiatan teknis perbaikan jaringan irigasi, rehabilitasi jaringan irigasi dan peningkatan jaringan irigasi, perbaikan jaringan irigasi untuk mengembalikan kondisi dan fungsi saluran dan bangunan irigasi seperti semula secara parsial,” ungkapnya

Sementara itu Bupati Sinjai A. Seto Gadhista Asapa, menyampaikan bahwa program ini sangat penting bagi petani dalam upaya mendukung program ketahanan pangan dan dalam rangka meningkatkan kemampuan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat petani.

“Keberadaan program P3TGAI ini sangat membantu masyarakat petani di Kabupaten Sinjai dan kabupaten-kabupaten lainnya sebagai penerima, khususnya dalam rangka peningkatan kinerja dan fungsi layanan irigasi skala kecil, irigasi desa, maupun irigasi tersier yang menjadi tumpuan utama ketersediaan air bagi petani,” katanya.

Oleh karena itu  Bupati berharap program ini bisa berjalan dengan baik sehingga dapat menopang dan meningkatkan hasil pertanian yang ada di Kabupaten Sinjai. “Harapan Kami adalah penerima program ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya,” harap Bupati.

Adapun jumlah penerima yang akan melaksanakan kegiatan ini adalah Kabupaten Sinjai 21 penerima manfaat, Kabupaten Bone 18 penerima manfaat dan Kabupaten Bulukumba 3 penerima manfaat. (And/Clk)

Editor/Bahar