Cair, Sistem Pembayaran Penghasilan Tetap Aparat Desa di Sinjai Melalui Non Tunai

KABARSINJAI – Penghasilan tetap (Siltap) aparat desa di Kabupaten Sinjai dibayarkan secara non tunai. Sistem ini mulai diterapkan di tahun 2024 melalui rekening pribadi masing-masing.

Pembayaran Siltap aparat desa secara non tunai merupakan implementasi Peraturan Bupati Sinjai Nomor 2 Tahun 2024 tentang pelaksanaan transaksi non tunai di desa.

Mereka yang menerima pembayaran
Siltap secara non tunai, diantaranya Kepala Desa (Kades), perangkat desa, tunjangan Ketua dan Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD), insentif Ketua RW dan RT, serta kader Desa.

“Tahun ini mulai kita terapkan, aparat desa menerima Siltap langsung ke rekening pribadi masing-masing setiap bulannya. Tak perlu lagi menunggu pencairan ADD yang biasanya pertiga bulan,” ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Sinjai, Yuhadi Samad, Rabu (3/4/2024).

Kini, pembayaran Siltap aparat desa di Sinjai dalam proses pembukaan rekening ataupun penerbitan nomor rekening atau buku tabungan di Bank Sulselbar Sinjai. Bahkan, beberapa aparat desa telah menerima Siltap yang lebih dulu selesai proses membuka rekeningnya.

“Ada yang masih proses pembuatan rekening karena kolektif per desa. Beberapa yang selesai juga dan sudah menikmati Siltapnya seperti di Desa Terasa, Pada elo, Botolempangan dan Sanjai yang sudah cair langsung ke rekening,” pungkasnya.

Sesuai arahan Pj Bupati Sinjai, T.R Fahsul Falah, saat ini pihaknya mengaku terus berkoordinasi dengan Bank Sulselbar Sinjai untuk memaksimalkan dan mempercepat penerbitan rekening bagi desa yang masih sementara berproses.

“Alhamdulillah pihak bank siap melayani desa setiap hari sampai Pukul 22:00 Wita selama hari kerja agar pembukaan rekening secara kolektif maksimal seperti yang diharapkan pak Pj Bupati,” jelasnya. (*)