Canangkan 2 Kecamatan Sebagai KSB di Sinjai, Kemensos Juga Serahkan Bantuan Senilai Rp. 1 Milyar

KABARSINJAI – Dua (2) kecamatan di Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan telah dicanangkan sebagai Kampung Siaga Bencana (KSB).

Kedua kecamatan tersebut yakni, Sinjai selatan dan Sinjai Borong.

Pencanangan KSB oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Sosial (Kemensos) RI, Dr. Robben Rico ini dilakukan di kawasan Alun – Alun Sinjai Bersatu, Sabtu (06/07/2024).

Turut hadiri, <span;><span;>Pj Gubernur Sulsel yang diwakili Plt. Kadis Sosial Sulsel Abd. Malik Faisal, Pj Bupati Sinjai, T.R Fahsul Falah, Ketua DPRD Sinjai Lukman H. Arsal dan Dandim 1424 Sinjai Letkol Arm. Dian Akhmad Arifandi.

Dalam sambutannya, Sekjen Kemensos RI, Dr. Robben Rico menyebut, Kabupaten Sinjai ini masuk sebagai posisi keempat daerah di Sulawesi Selatan yang memiliki tingkat risiko kebencanaan yang tinggi.

Sehingga dengan pencanangan KSB di 2 kecamatan tersebut, ia berharap agar warga bisa melakukan mitigasi jika sewaktu-waktu terjadi bencana di wilayahnya.

“Kami bersama Pemkab Sinjai berkolaborasi menyiapkan, mengantisipasi, memitigasi. Salah satu yang paling urgen adalah pembentukan Kampung Siaga Bencana. Fungsinya untuk mempersiapkan warga desa dan kecamatan agar dia yang pertama kali siap menghadapi segala ancaman bencana, baik bencana alam maupun bencana sosial,” jelasnya.

Sementara itu, Pj Bupati Sinjai mengapresiasi  pencanangan dua kecamatan tersebut sebagai KSB oleh Kemensos.

Dengan demikian, Ia menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Sekjen Kemensos RI bersama jajaran yang telah memberikan perhatian khusus kepada Kabupaten Sinjai melalui pencanangan KSB sebagai upaya memberikan edukasi kepada masyarakat dalam menghadapi kondisi kebencanaan.

Sebab dikatakan Pj Bupati, pencanangan KSB ini merupakan langkah awal yang penting dalam upaya meningkatkan kesiapsiagaan dan ketahanan masyarakat dalam menghadapi bencana alam.

“Saya ucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada bapak Sekjen telah mencanangkan 2 Kecamatan di Kabupaten Sinjai sebagai Kampung Siaga Bencana,” tutur T.R. Fahsul Falah.

Pencanangan KSB ditandai dengan pemukulan kentongan secara serentak oleh Sekjen Kemensos RI bersama para tamu undangan yang hadir.

Usai pencanangan, Sekjen Kemensos RI menyerahkan bantuan lumbung sosial untuk 2 kecamatan sebagai KSB senilai Rp1 milyar lebih. Bantuan tersebut diterima langsung Pj Bupati Sinjai.

Pada kesempatan itu, hadir pula Sekretaris Daerah Sinjai Andi Jefrianto Asapa, Pj Ketua Tim Penggerak PKK Sinjai Cut Resmiati, para perwakilan Forkopimda, para Kadis Sosial Kabupaten/Kota se-Sulsel, serta dari Taruna Siaga Bencana (Tagana). (**)

Komentar