oleh

Capai Angka 83 Persen, Dinkes Sinjai Genjot Program BIAN

INFOKESEHATANDinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sinjai, menggenjot pelaksanaan program Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) tahun 2022.

Pelaksanaan BIAN di Kabupaten Sinjai digelar di Sekolah, Posyandu dan Pos Imunisasi lainnya bagi seluruh anak umur 9 bulan hingga 12 tahun. Selain di sekolah dan posyandu, pelaksanaan BIAN juga dilakukan secara door to door.

Kepala Dinas Kesehatan Sinjai, dr. Emmy Kartahara Malik mengatakan, lewat cara door to door tak hanya pelaksanaan imunisasinya saja yang dikejar. Namun, petugas juga dapat melakukan edukasi ke sang ibu terkait vaksinasi, obat-obatan hingga tumbuh kembang anak.

“Petugas juga dapat melakukan komunikasi lebih intens pada anak, terkait keaktifannya,” ujarnya saat mendampingi tim UNICEF Indonesia memantau pelaksanaan BIAN di Posyandu Bahari, Kelurahan Lappa, Rabu (12/10/2022).

Menurut dr. Emmy, di Kabupaten Sinjai sendiri pelaksanaan BIAN baru mencapai 83,57 persen. “Nah itu terus kita genjot agar mencapai angka 95 persen, karena imunisasi penting bagi kesehatan dan kekebalan tubuh anak,” sambungnya.

Sementara itu, tim dari UNICEF Indonesia, dr. Halik Malik mengungkapkan, Sulsel menjadi Provinsi yang terbilang tinggi dan termasuk yang tercepat mencapai cakupan diatas 90 persen. Hingga pada minggu terakhir pelaksanaan BIAN, cakupan pelayanan untuk anak di Sulsel sudah mencapai 93 persen.

“Jadi tidak banyak lagi yang harus dilayani. Sekarang dilakukan penyisiran untuk memastikan semua anak yang belum mendapatkan vaksinasi untuk bisa mendapatkan haknya. Karena disamping ini memang adalah hak setiap anak, kita berharap ada kekebalan kolektif di tengah-tengah masyarakat terhadap berbagai penyakit yang seharusnya bisa dicegah dengan imunisasi,” ujarnya.

Apalagi menurut dia, salah satu tambahan campak rubela akan melindungi anak dari penyakit campak dan ibu hamil dari resiko kesakitan, kecacatan dan kematian karena penyakit campak dan rubela.

ADVERTISEMENT

“Kita berharap semua Kabupaten/Kota di Sulsel bisa mencapai target minimal 95 persen anak anaknya itu sudah di imunisasi. Dan dari 24 Kabupaten/Kota sudah ada 15 yang mencapai target. Semoga dalam waktu dekat Kabupaten Sinjai juga akan bisa mencapai target minimal 95 persen,” imbuhnya.

Imunisasi BIAN yakni imunisasi campak-rubella tambahan/lanjutan diberikan kepada semua anak yang menjadi sasaran serentak secara Nasional sejak bulan Mei-Oktober 2022. (UC)

Baca Selengkapnya

Komentar Facebook