oleh

Capaian Vaksinasi Anak di Sinjai Rendah, ini Masalahnya

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Program vaksinasi Covid-19 yang dicanangkan oleh pemerintah pusat ini ditujukan kepada semua kalangan, mulai dari warga lansia, orang dewasa hingga kalangan anak yang berusia 12-18 tahun.

Di Kabupaten Sinjai sendiri, khusus untuk pencapaian vaksinasi di kalangan anak baru mencapai 2.751 atau 12,3 persen yang telah disuntik vaksin dosis pertama. Sedangkan dosis kedua, jumlahnya mencapai 540 orang.

Dari data tersebut di atas, Dinas Kesehatan (Dinkes) Sinjai menyatakan bahwa capaian tersebut masih tergolong rendah.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Sinjai, Akhirani menjelaskan, hal itu disebabkan karena pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah masih dilakukan secara terbatas.

BACA JUGA: Aplikasi Lapor Korupsi Hadir di Sulsel, ini Kata Sekda dan Kapolres Sinjai

“Di setiap ada kesempatan, kita lakukan vaksinasi di sekolah untuk pelajar, namun capaiannya masih sangat rendah karena pembelajaran di sekolah masih terbatas sehingga sasarannya juga masih kurang,” jelasnya. Kamis, (07/10/2021)

Selain itu, kendala yang dihadapi adalah meski disediakan secara gratis oleh pemerintah daerah, sayangnya masih ada orangtua siswa yang tidak setuju anaknya divaksin.

“Mayoritas orangtua beralasan khawatir dan takut terhadap rumor yang ditimbulkan vaksin. Ini yang terus kami sosialisasikan kepada masyarakat bahwa vaksinasi itu halal dan aman bagi kesehatan,” ucapnya.

BACA JUGA: Pengurus Koperasi Sinjai Dilatih Cakap Digital

Pihaknya juga mengharapkan dorongan kepada Pemerintah Kecamatan maupun desa untuk terus memberikan pemahaman kepada orang tua siswa bahwa vaksinasi merupakan upaya untuk mencegah penularan Covid-19.

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 secara gratis terus gencar dilakukan oleh Pemkab Sinjai melalui sarana pelayanan kesehatan yang ada di sembilan kecamatan.

Terkait ketersediaan vaksin, Akhirani menjamin ketersediaan vaksin Covid-19 di Sinjai masih mencukupi untuk kebutuhan satu bulan ke depan. (Tim)

Komentar Facebook

BERITA TERBARU