oleh

Cegah DBD, Dinkes Imbau Masyarakat Sinjai Terapkan 3M Plus

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sinjai mengimbau masyarakat untuk melakukan berbagai upaya tertentu dalam menghadapi penyakit yang banyak timbul di musim penghujan, seperti Demam Berdarah Dangue (DBD).

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Sinjai, dr. Andi Suryanto Asapa menyusul adanya lima warga positif DBD yang saat ini menjalani perawatan medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sinjai.

“Kami berharap agar masyarakat dapat meningkatkan gerakan 3M plus, yakni Menguras, Mengubur, dan Menutup,” kata Suryanto, Kamis (12/3/2020) seraya mengajak masyarakat untuk menjaga pola hidup bersih agar terhindar dari serangan penyakit menular.

Baca Juga: Lepas Kendali dan Masuk ke Jurang, Pegawai Dinkes Sinjai Kecelakaan di Maros, Ini Fotonya

Sedangkan untuk plusnya, masyarakat diminta agar membersihkan bak mandi setiap minggu, menaburkan bubuk abate, mamakai lotion anti nyamuk, dan memakai kelambu untuk menghindari gigitan nyamuk, serta melakukan fogging atau penyemprotan bila di sekitar rumah pasien DBD sudah ada yang terjangkit.

Baca Juga: Subhanallah, Pegawai RSUD Sinjai Melahirkan Bayi Kembar Tiga

“Namun fogging ini tidak 100 persen mematikan nyamuk, dan juga sering mengganggu pernafasan karena memiliki campuran malation dan solar,” kata Suryanto.

Dengan begitu, saat ini Dinas Kesehatan Sinjai melalui puskesmas yang tersebar di sembilan kecamatan intens melakukan penyuluhan tentang bahaya DBD.

Baca Juga: Astaga, Dokter dan Perawat Kepergok di Mobil Bergoyang Diduga Mesum

“Kami dari Dinas Kesehatan Sinjai dan puskesmas telah membagikan bubuk abate kepada masyarakat dan rutin melakukan penyuluhan tentang DBD dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS),” pungkas dr. Dedet sapaan akrab Andi Suryanto Asapa. (Adv)

Editor/Bahar

Komentar Facebook

BERITA TERBARU