Cegah GIF, Kadinkes Sinjai Minta Tenaga Medis Fokus Penyuluhan ke Sekolah

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Monitoring dan evaluasi (monev) gangguan indera fungsi (GIF), digelar Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sinjai, Jumat (19/7/219)

Kegiatan ini berlangsung di Aula Dinkes Sinjai, dan dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Sinjai dr. Andi Suryanto Asapa.

Panitia Pelaksana Sitti Fatimah mengatakan tujuan kegiatan ini adalah untuk melakukan evaluasi hasil program kegiatan gangguan indera fungsi pada masing-masing Puskesmas.

Kepala Dinas Kesehatan Sinjai, dr. Andi Suryanto Asapa mengatakan bahwa berdasarkan laporan dari seluruh Puskesmas gangguan indera yang paling menonjol dialami masyarakat Sinjai adalah gangguan telinga dan mata.

Baca Juga: Isteri Bupati Lantik Ketua dan Pengurus TP PKK Sinjai Tengah, Ini Pesannya

Olehnya itu ia berharap kepada tenaga medis yang ada untuk lebih fokus melakukan penyuluhan kepada siswa SD dan SMP agar masih bisa dilakukan intervensi untuk mencegah gangguan indera.

“Kedepan kita lakukan kerjasama dengan sekolah-sekolah yang ada, namun sebelum kita melakukan pencegahan di luar maka tentunya harus mulai dari internal dahulu, ” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, A. Suryanto Asapa memberikan penghargaan (reward) kepada penanggung jawab pengelola program GIF, dimana terbaik pertama diraih Puskesmas Panaikang, terbaik kedua Puskesmas Pulau IX dan terbaik ketiga Puskesmas Mannanti.

Pertemuan Monev GIF diikuti 32 peserta yang terdiri 16 orang dokter puskesmas dan 16 orang pengelola GIF. (*)

Editor/Andis