oleh

Cegah Penyimpangan, Kejari Sinjai Awasi Dana Kelurahan

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Pendampingan terhadap pelaksanaan kegiatan yang anggarannya bersumber dari dana kelurahan menjadi salah satu fokus pendampingan Kejaksaan Negeri (Kejari) Sinjai.

Hal itu dipastikan setelah dilakukan penandatanganan MoU dan surat kuasa khusus di bidang perdata dan tata usaha negara antara Kejari dan 13 lurah se-Kabupaten Sinjai di Aula Kejari, Selasa (21/4/2020)

Dimana MoU ini mengatur komitmen pendampingan dan pengawalan dana kelurahan, dalam hal refocusing anggaran dan pelaksanaan kegiatan di Kelurahan.

Baca Juga: Langkah Antisipasi Covid-19, Petugas Sisir Tamu Penginapan di Sinjai

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Sinjai, Ajie Prasetya mengatakan, pendampingan dana kelurahan ini merupakan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) Kejari Sinjai.

Apalagi pihaknya memang ditekankan oleh Presiden Joko Widodo dan Jaksa Agung untuk ikut melakukan pengawalan terhadap program dan dana desa, maupun dan Kelurahan.

“Jadi memang kita ditekankan untuk melakukan pengawalan Dan Pendampingan terkait hal tersebut”, kata Ajie kepada media ini.

Ajie, meminta dalam pengelolaan dan pelaksanaan kegiatan dana kelurahan untuk lebih teliti dan berhati-hati, sebab kata dia, terdapat beberapa kegiatan yang harus dialihkan (realokasi) untuk penanganan Virus Corona (Covid-19).

“Kami minta berhati-hati dalam pelaksanaan kegiatan, jadi nanti apabila dalam realokasi mengalami kendala, maka bisa langsung kordinasi dan meminta pengawalan dan pendampingan agar proses pembangunan tercapai dengan baik dan tepat sasaran”, jelasnya.

Baca Juga: ASA Sambut Baik Pemeriksaan LKPD 2019 Dilakukan Secara Online

Selain dana kelurahan, Ajie menjelaskan bahwa MoU ini juga mencakup pendampingan pengadaan barang dan jasa serta penyelamatan aset-aset di Kelurahan dan di Kecamatan.

Penandatanganan MoU tersebut disaksikan Asisten Administrasi Pemerintahan Setdakab Sinjai, Dr H. Muhlis Isma, dan Kabag Pemerintahan Setdakab Sinjai, serta para Camat Se-Kabupaten Sinjai.

Sebelumnya, MoU pengawalan dan Pendamping juga telah dilakukan antara Kejari Sinjai dan 67 kepala Desa di Kabupaten Sinjai, pekan lalu. (Ay)

Editor/Andis

Komentar Facebook

BERITA TERBARU