oleh

Cegah Virus AIV/AIDS, dr. Nikmat Ajak Masyarakat Tinggalkan Perilaku Beresiko

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Dalam peringatan Hari HIV/AIDS sedunia pada tanggal 1 Desember 2019, Komisi Penanggulangan AIDS Daerah (KPAD) Sinjai menggelar workhsop di Gedung Pertemuan Hotel Sinjai, Senin (1/11/2019)

Ketua Panitia, Ir Muh Djamil, mengatakan workshop ini bertujuan meningkatkan komitmen, kesadaran, kepedulian dan keterlibatan seluruh unsur dalam pencegahan dan pengendalian AIDS di Kabupaten Sinjai.

Apalagi menurut Djamil, pada tahun 2018 preferensi HIV/AIDS di kabupaten Sinjai sebesar 7,9 per 100 ribu penduduk, sedangkan pada tahun 2019 dari bulan Januari hingga Oktober 2019 jumlah penderita baru HIV/AIDS yang ditemukan sebanyak 29 orang.

Baca juga: Bupati Sinjai Hadiri Kunker Menteri Kelautan dan Perikanan di SulSel

Sementara itu, Asisten II Setdakab Sinjai, Dr. Hj. Nikmat B Situru dalam sambutan Bupati Sinjai, menekankan agar kewaspadaan terhadap serangan virus HIV harus terus ditingkatkan karena penyakit ini bisa menyebar secara luas, penularan penyebaran HIV kebanyakan melalui seks bebas walaupun juga bisa melalui tranfusi darah.

Tema nasional “Bersama Masyarakat Meraih Sukses” kata Nikmat adalah, sebagai upaya untuk mewujudkan target Three Zero pada 2030, yaitu tidak ada lagi penularan HIV, tidak ada lagi kematian akibat AIDS, dan tidak ada lagi stigma dan diskriminasi pada orang dengan HIV AIDS (ODHA).

Baca juga: Jalan Santai Cara Pemkab Sinjai Kampanye Hari AIDS Sedunia

“Tidak bisa ditunda lagi, harus segera dilakukan langkah antisipatif secara intensif dan terpadu baik melalui lembaga pemerintahan, LSM dan tokoh-tokoh masyarakat,” ungkapnya.

Untuk itu, melalui workshop ini Nikmat mengajak seluruh pihak termasuk kita semua, keluarga kita, masyarakat disekitar kita kembali pada jalan yang benar, meninggalkan maksiat, memperhatikan pola hidup sehat, tidak melakukan seks bebas, jauhi narkoba dan penggunaan jarum suntik secara bergantian dan bersama sama.

Hadir sebagai pemateri Dr. Zalwa Muhtar, Drs. Akbar Halik, Lukman dari Dinas Keehatan Provinsi Sulsel.

Selain workshop, sebelumnya KPAD Sinjai juga mengadakan kegiatan Jalan Santai di Lapangan Nasional (Lapnas) atau kawasan Car Free Day, Minggu pagi (1/12/2019) masih dalam rangkaian peringatan Hari AIDS sedunia. (Ay)

Editor:/Andis

Komentar Facebook
loading...

BERITA TERBARU