oleh

Ciptakan Keluarga Yang Sejahtera, TP PKK Kabupaten Sinjai Laksanakan Penyuluhan Hidup Bersih dan Sehat

Kabarsinjai.com – Dalam rangka menciptakan kehidupan yang bersih dan sehat di lingkungan masyarakat, Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Sinjai dalam hal ini melalui kelompok kerja (Pokja) 4, Kamis (12/10) pagi mengelar kegiatan Penyuluhan Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) bertempat di Gedung PKK yang beralamat di Jalan Dr. Hamka kabupaten Sinjai.

Kegiatan yang diikuti oleh puluhan kader PKK kecamatan dan desa ini, juga dihadiri oleh para pengurus dan ketua Pokja TP PKK kabupaten Sinjai.

Menurut Sekretaris TP PKK kabupaten Sinjai, Ny. Hj. Marwah Nur mengatakan bahwa, kegiatan PHBS ini adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya, guna membiasakan agar berperilaku hidup bersih dan sehat dalam keluarga dan masyarakat.

“Jadi kegiatan ini adalah program kegiatan tahunan kami dalam mensejahterakan masyarakat sekaligus untuk membiasakan masyarakat agar berperilaku hidup bersih dan sehat dalam hal pencegahan dan penanggulangan penyakit menular dan non menular,” katanya.

Sementara itu Ketua TP PKK kabupaten Sinjai, Ny. Hj. Rahmatiah Sabirin dalam sambutannya saat membuka kegiatan PHBS menyampaikan, PHBS merupakan salah satu panca abdi yaitu perilaku kesehatan yang dipraktekkan oleh setiap individu dengan kesadaran sendiri untuk meningkatkan kesehatan dan berperan aktif dalam mewujudkan lingkungan yang sehat, dalam kegiatan-kegiatan kesehatan di masyarakat.

“PHBS ini harus diterapkan dari setiap lini kehidupan manusia, agar berjalan efektif, kapan saja dan dimana saja seperti, halnya PHBS dirumah tangga, Institusi kesehatan, tempat-tempat umum, sekolah, maupun ditempat kerja, karena perilaku tersebut merupakan sikap dan tindakan yang akan membentuk kebiasaan seseorang untuk berperilaku sehat,” jelasnya.

Dalam kegiatan PHBS yang digelar TP PKK kabupaten Sinjai ini, melalui Pokja 4 berlangsung selama sehari, dengan menghadirkan pemateri dari beberapa pihak terkait seperti Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) dan Dinas Kesehatan kabupaten Sinjai. (*)

Editor   : A. Mirza.

Komentar Facebook