oleh

Covid 19 dari Wabah Menjadi Pandemi

KABARSINJAI.COM, – World Health organization (WHO) sebagai lembaga kesehatan Dunia dibawah PBB secara resmi menetapkan status corona virus disease (Covid-19) sebagai pandemi pada 11 Maret 2020.

Langkah ini bukan tanpa sebab, tetapi seiring perkembangan virus ini hampir disemua belahan negara di Dunia

Pertama Kali Virus ini ditetapkan sebagai wabah yaitu peningkatan kasus penyakit secara singnifikan disuatu wilayah pada periode tertentu. Wabah ini terjadi Di Wuhan tiongkok secara frekuensi Naik sangat signifikan

Status kemudian berubah menjadi epidemic dengan menyebarnya virus diseluruh wilayah Tiongkok, bukan Hanya Wuhan tetapi Juga terjadi Di wilayah Tiongkok lainya misalnya Huanggang dengan kisaran 1645 kasus, xiaogan dengan 1462 kasus.

Lihat juga: Benarkah di Sinjai Belum Ada Pasien Corona, Berikut Pernyataan Bupati

Pada tanggal 11 Maret 2020 ssecara resmi WHO menetapkan Covid-19 dengan status pandemi artinya virus ini sudah menyebar ke berbagai negara di Dunia, menurut Data dari Kompas.com selasa 17 Maret 2020 sebanyak 152 Negara terkonfirmasi terdampak virus ini.

Pandemi sendiri ditetapkan berdasar pada penyebaran penyakit ditinjau dari sebaran kasus secara geografis bukan banyaknya korban ataupun tingkat keparahan kasus.

Menurut Haeril Amir Hal ini harus menjadi perhatiaan khusus, bukan Hanya pemerintah namun kesadaran semua warga diyakini mampu menekan penyebaran virus ini.

Laporan/Haeril Amir

Editor / Bahar

Komentar Facebook

BERITA TERBARU