Daftar 21 Pemimpin Negara Beri Ucapan Selamat ke Prabowo

KABARSINJAI – Calon presiden (Capres) nomor urut 2 Prabowo Subianto yang unggul dalam perolehan suara sementara dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024 mendapatkan ucapan selamat dari puluhan pemimpin negara.

Prabowo sudah mendapat ucapan selamat dari setidaknya 21 pemimpin negara per Sabtu (16/3), atau sebulan lebih dari pelaksanaan pemungutan suara Pilpres 2024.

Beberapa pemimpin negara yang baru-baru ini memberi ucapan selamat kepada Prabowo, yakni Presiden Amerika Serikat Joe Biden, Presiden Palestina Mahmoud Abbas, Raja Yordania, hingga Presiden Turki Erdogan.

Mereka menyusul belasan pemimpin negara yang lebih dulu memberikan ucapan kepada capres nomor urut 2 tersebut. Sebut saja Perdana Menteri (PM) Australia Anthony Albanese, PM Singapura Lee Hsien Loong, hingga Presiden Rusia Vladimir Putin.

Sebagian besar pemimpin negara itu menyampaikan selamat secara langsung melalui panggilan telepon. Namun, beberapa pemimpin negara juga memberikan ucapan selamat melalui media sosial hingga duta besar masing-masing.

Berikut sederet pemimpin negara yang telah memberikan selamat kepada Prabowo setelah unggul dalam perolehan suara sementara Pilpres 2024.

  1. Presiden Amerika Serikat
    Presiden AS Joe Biden menuliskan ucapan selamat secara khusus melalui pesan tertulis. Pesan berisi ucapan selamat itu diterima Prabowo lewat Duta Besar AS untuk ASEAN Yohannes Abraham.
  2. Presiden Palestina
    Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengucap selamat kepada Prabowo lewat surat. Ia mendoakan keberhasilan dan kesejahteraan Prabowo dalam menunaikan tugasnya, serta mengingatkan hubungan persaudaraan historis yang kuat.

  3. Raja Yordania
    Prabowo juga mendapat ucapan selamat lewat panggilan telepon dari Raja Abdullah II dari Yordania. Raja Abdullah bahkan mengungkapkan keinginan untuk datang ke RI dan mengucapkan selamat secara langsung.

  4. Presiden Turki
    Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan ikut mengucapkan selamat atas keunggulan suara Prabowo. Erdogan bahkan menyapa Prabowo dengan sebutan “Dear Brother” dalam ucapan selamat itu.

  5. Presiden Uni Emirat Arab
    Presiden Uni Emirat Arab Mohamed Bin Zayed atau MBZ mengucapkan selamat kepada Prabowo secara langsung melalui sambungan telepon seluler.

  6. Presiden Timor Leste
    Presiden Timor Leste Ramos Horta mengucapkan selamat sekaligus mengundang Prabowo untuk berkunjung ke Timor Leste setelah unggul sementara dalam Pemilu 2024.

  7. Perdana Menteri Australia
    Perdana Menteri (PM) Australia Anthony Albanese mengucapkan selamat kepada Prabowo tidak lama setelah capres itu unggul versi quick count. Ia membagikan ucapan itu melalui cuitan di X/Twitter.

  8. Perdana Menteri Singapura
    Ucapan selamat PM Singapura Lee Hsien Loong kepada Prabowo dikonfirmasi sekretaris pers Lee, Chang Li Lin. Ia mengucapkan selamat dan membahas hubungan bilateral Indonesia dan Singapura.

  9. Perdana Menteri Malaysia
    PM Malaysia Anwar Ibrahim juga dikonfirmasi memberi ucapan selamat kepada Prabowo. Hal itu diungkapkan Prabowo sehari setelah pemungutan suara Pilpres 2024.

  10. Presiden Sri Lanka
    Prabowo juga mengonfirmasi telah menerima ucapan selamat dari Presiden Sri Lanka Ranil Wickremesinghe setelah unggul dalam penghitungan suara Pilpres.

  11. Perdana Menteri Albania
    PM Albania Edi Rama turut mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto secara personal melalui panggilan telepon.

  12. Sultan Brunei
    Ucapan juga datang dari Sultan Brunei Hassanal Bolkiah yang menghubungi Prabowo secara langsung melalui panggilan telepon.

  13. Perdana Menteri Inggris
    PM Inggris Rishi Sunak memberi ucapan selamat kepada Prabowo lewat Duta Besar Dominic Jeremy yang bertamu langsung ke rumah Menteri Pertahanan RI itu.

  14. Presiden Nikaragua
    Presiden Nikaragua Daniel Ortega ikut menyampaikan selamat kepada Prabowo melalui panggilan telepon.

  15. Perdana Menteri India
    Ucapan selamat kepada Prabowo dari PM India Narendra Modi disampaikan melalui cuitan X. Modi juga berharap kerja sama India dan Indonesia akan terus berlanjut.

  16. Presiden Rusia
    Presiden Rusia Vladimir Putin mengucapkan selamat ke Prabowo melalui situs resmi Kremlin. Ia mengingatkan relasi kuat antara Rusia dan Indonesia sejauh ini.

  17. Presiden Filipina
    Presiden Filipina Ferdinand “Bongbong” Marcos turut mengucapkan selamat melalui X. Ia juga menyampaikan harapannya terkait hubungan bilateral RI-Filipina.

  18. Presiden China
    Presiden China Xi Jinping mengucapkan selamat kepada Prabowo melalui Duta Besar untuk Indonesia Lu Kang yang bertemu Prabowo langsung di kediamannya.

  19. Perdana Menteri Belanda
    Perdana Menteri Belanda Mark Rutte memberi selamat dan harapan untuk terus bekerja sama kepada Prabowo melalui cuitan akun X pribadinya @MinPres.

  20. Perdana Menteri Republik Ceko
    PM Republik Ceko Petr Fiala menyampaikan ucapan selamat kepada Prabowo melalui cuitan X. Fiala juga mendoakan hubungan bilateral RI-Ceko terus menguat pada masa mendatang.

  21. Presiden Prancis
    Presiden Prancis Emmanuel Macron mengucapkan selamat kepada Prabowo secara langsung melalui sambungan telepon.

Artikel ini telah tayang di CNN Indonesia “21 Pemimpin Negara Beri Selamat ke Prabowo, Xi Jinping hingga Biden”