oleh

Dari Madinah, Rombongan Terakhir Jemaah Indonesia Akan Tiba di Mekkah Malam Ini

KABARSINJAI.COM, – Kedatangan jemaah haji Indonesia dari Madinah menuju Mekah berakhir pada hari ini, Minggu, 28 Juli 2019. Setidaknya ada sekitar 15-20 kloter yang diberangkatkan dari Madinah menuju Mekah setiap harinya. Dan hari ini, adalah terakhir PPIH Madinah memberangkatkan jemaah ke Mekah.

“Insya Allah jam 8 malam kloter terakhir akan tiba dar Madinah, kloter SUB 40,” kata Kepala Daerah Kerja Mekah, Subhan Cholid saat ditemui di ruang kerjanya.

Setelah kedatangan jemaah dari Madinah selesai, Subhan mengatakan Tim PPIH Mekah akan berkonsentrasi menerima kedatangan jemaah dari Jeddah. Mengingat jumlah jemaah haji di Mekah sudah banyak, lebih dari 70 persen, PPIH Mekah akan menerjunkan petugas langsung di hotel-hotel jemaah.

“Jadi di setiap hotel akan ada petugas kita yang akan memberikan pelayanan kepada jemaah haji baik layanan pengaduan, konsumsi, akomodasi dan lain-lain,” ujarnya.

Sementara untuk kedatangan jemaah dari Jeddah, sebagian embarkasi akan dilakukan layanan fast track untuk keimigrasian. Dengan demikian, jemaah yang keluar dari bandara langsung menuju bus, dan tidak ada waktu lagi konsolidasi dengan kloter sesuai rombongannya.

“Jadi siapa yang duluan keluar akan masuk ke bus. Begitu tiba di Mekah mereka perlu diorganisir kembali, ditata kembali. Waktu penataan di kamar dan bagasi. Terutama bagi kloter yang akan ditempatkan dalam dua atau lebih hotel di Mekah ini,” terang Subhan.

Sebeloumnya, sebanyak 382 kelompok terbang (kloter) dengan total 156.146 jemaah haji Indonesia sudah diberangkatkan ke Tanah Suci. Hal itu merujuk data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama hingga Sabtu, 27 Juli 2019, pukul 19.00 waktu Arab Saudi (WAS).

Sementara total jumlah kloter yang akan diberangkatkan pada musim haji 1440H/2019M ini berjumlah 529 kloter. Ini sudah termasuk tambahan kuota 10 ribu jemaah. Artinya, sudah 70 persen lebih jemaah haji Indonesia yang berada di Arab Saudi.

“Tinggal tersisa 147 kloter yang akan diterbangkan dari Indonesia,” jelas Kepala Seksi Data dan Informasi Daerah Kerja Mekah, Nurhanudin. (ren)

Sumber / viva.co.id

Editor / Bahar

Komentar Facebook
loading...

BERITA TERBARU