Dibawah Kendali T.R Fahasul Falah, Pemkab Sinjai Intens Lalukan Pengerukan Drainase

KABARSINJAI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai dibawah kepemimpinan T.R Fahsul Falah sebagai Pj Bupati Sinjai terus menunjukkan komitmen kuatnya dalam mengatasi masalah banjir dan genangan air dalam kota Sinjai dengan tetap intens melakukan pengerukan drainase /kanal.

Langkah ini merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah untuk memastikan saluran air berfungsi optimal, terutama pada musim hujan serta sebagai upaya tanggap darurat bencana Pemkab Sinjai.

Bahkan pengerukan drainase ini telah dilakukan secara rutin dan terjadwal melalui tim gabungan atau satgas darurat bencana Pemkab Sinjai.

“Kami menargetkan semua saluran air utama dan sekunder khususnya dalam kota Sinjai dalam kondisi baik sesuai arahan
Bapak Pj Bupati. Pengerukan ini penting untuk menghindari tersumbatnya aliran air yang bisa menyebabkan banjir atau genang air saat hujan”, Ungkap Kadis PUPR Sinjai, H. Haris Achmad beberapa hari lalu.

Menurutnya, selain pengerukan, pihaknya juga melakukan pemeliharaan terhadap drainase dengan membersihkan sampah dan sedimen yang kerap menumpuk.

Sebelumnya, Pj Bupati Sinjai, T.R Fahsul Falah telah menegaskan pentingnya sinergi antara pemerintah dan masyarakat dalam menjaga kebersihan drainase/ kanal.

“Kami mengimbau masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan ke saluran air. Partisipasi aktif masyarakat sangat dibutuhkan untuk menjaga lingkungan kita tetap bersih dan bebas dari banjir,” kata T.R begitu sapaannya.

Sekedar diketahui, sejauh ini pengerukan dan pembersihan drainase /kanal telah dilakukan disejumlah titik dalam kota Sinjai, diantaranya di jalan Jenderal Sudirman, Agus Salim, Yahya Mathan dan Sultan Hasanuddin dan jalan Persatuan Raya, termasuk disekitar Alun – Alun Sinjai Bersatu.

Bahkan pengerukan dan pembersihan drainase /kanal ini kadang dipimpin langsung oleh Pj Bupati Sinjai.

Dengan langkah-langkah proaktif ini, Pemkab Sinjai berharap dapat meminimalisir dampak buruk musim hujan dan memastikan masyarakat Sinjai bisa beraktivitas dengan nyaman tanpa terganggu oleh genangan air dan banjir.

Upaya pengerukan drainase yang dilakukan Pemkab Sinjai ini juga mendapat respons positif dari warga Sinjai. (ADV)