Dibidang Keagamaan, Bupati Sinjai Berhasil Bangkitkan Kembali Baznas

KABARSINJAI.COM, Sinjai – Realisasi program unggulan Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa dan Wakil Bupati Sinjai Hj Andi Kartini Ottong, khususnya di bidang keagamaan kini mulai terlihat.

Setahun kepemimpinannya, Bupati dan Wabup Sinjai telah berhasil membentuk kembali kepengurusan lembaga Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) setelah ‘mati suri’ beberapa tahun

Pengurus Baznas Sinjai dilantik langsung Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa, pada 13 Juni lalu di ruang Pola Kantor Bupati Sinjai, dan diketuai Ahmad Muzakkir, Musyarrif Nasrullah, Abdul Jalil, Munir, S.Pd, dan Ishak Amin.

Ketua Baznas Kabupaten Sinjai, Ahmad Muzakkir, memberi respon positif kepada pemerintah Kabupaten Sinjai, terutama kepada Bupati dan Wakil Bupati Sinjai yang betul-betul memperhatikan peran penting lembaga Baznas hadir di tengah-tengah masyarakat.

Lihat juga: 160 CPNS Sinjai Menuju Status PNS Tulen

“Sangat luar biasa sekali Bupati dan Wabup Sinjai betul-betul peduli dengan keagamaan khusus pada pengelolaan zakat, buktinya Baznas sudah bediri kurang lebih 3 bulan di Sinjai “, katanya saat ditemui di Kantor Baznas Jalan Persatuan Raya Sinjai, Jumat (27/09/19)

Terlebih dengan kehadiran lembaga pengelolaan zakat secara nasional yang baru berdiri sekitar 3 bulan lalu, ini Pemkab Sinjai telah mengusulkan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang tentang Pengelolaan Zakat untuk dibahas bersama DPRD Sinjai.

“Pengusulan Ranperda ini pun telah dibahas di DPRD Sinjai, kita masuk di pansus dua bersama Dispora tentang kepemudaan dan retribusi Tempat Rekreasi dan Olahraga”, sambungnya.

Menurutnya, ini bukti dukungan dan komitmen Pemerintah Kabupaten Sinjai terhadap zakat. Apalagi, Perda yang mengatur tentang pengelolaan zakat di daerah hanya ada dua di Sulsel.

“Sangat menggembirakan bagi kami di Baznas, karena dengan Ranperda ini kami akan lebih percaya diri lagi. Ada landasan sebab Legal Standing sudah resmi dalam pengelolaan zakat”, tambahnya.

Baca Juga: Peternak Sapi di Sinjai Mengaku Bangga Punya Pemimpin yang Peduli dengan Kesejahteraan

Sebagai mitra pemerintah Kabupaten Sinjai, program utama Baznas ungkapnya, adalah membantu pemerintah dalam pengentasan kemiskinan.

Sejak terbentuknya, saat ini pendistribusian zakat kepada masyarakat kurang mampu telah merambah ke 4 Kecamatan, diantaranya Kecamatan Sinjai Utara, Sinjai Timur, Sinjai Selatan, dan Tellulimpoe.

Bantuan itu dinamai dengan sebutan Baznas Cerdas, yaitu pemberian santunan, Sinjai Cerdas yang bergerak dalam pemberian beasiswa kepada yang kurang mampu, Sinjai Peduli berupa bantuan sosial, Sinjai Religi berupa bantuan Ponpes dan Panti Asuhan, serta Bedah Rumah.  (Adi)

Editor / Andis