oleh

Dihadapan Kader PKK, Nurhilda Tekankan Pentingnya Pencegahan Stunting dan Gizi Buruk

INFOKESEHATAN – Ketua TP PKK Sinjai, Andi Nurhilda Daramata Seto, membeberkan pentingnya Pencegahan dan Penanganan Stunting serta Gizi Buruk pada balita maupun anak.

Menurut Nurhilda, Stunting adalah salah satu gangguan pertumbuhan yang sering terjadi pada anak di Indonesia. Tidak dipungkiri kata dia, kasus stunting juga terjadi di Kabupaten Sinjai.

Salah satu upaya yang dilakukan TP PKK Sinjai adalah dengan intens melakukan pertemuan. Sama seperti dengan sosialisasi Pencegahan dan Penanganan Stunting serta Gizi Buruk yang digelar TP PKK Sinjai di ruang pola kantor Bupati Sinjai, Selasa (18/10/2022).

Sosialisasi ini merupakan bentuk dukungan TP PKK sebagai mitra Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai dalam menekan angka Stunting yang telah diserukan oleh Presiden Joko Widodo.

Tujunnya, sebagai wadah dalam upaya menambah wawasan dan pengetahuan kader PKK tentang penting dan upaya peningkatan status gizi yang berbasis masyarakat terutama pada ibu hamil dan balita.

Kegiatan ini juga untuk meningkatkan kapasitas serta kemampuan kader serta koordinasi petugas kesehatan dalam melakukan deteksi dini melalui pemantauan status gizi.

“Ini akan selalu kita laksanakan sebagai upaya kita dalam menekan dan mencegah Stunting dan gizi buruk sesuai arahan bapak Presiden,” ucap Nurhilda.

Pada kesempatan itu, istri Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) ini juga mengajak seluruh kader PKK untuk senantiasa bersinergi. Bersama-sama melahirkan inovasi dalam pencegahan Stunting dan Gizi Buruk.

Hal itu kata dia, bisa dimulai dengan bersama-sama aktif ke bawah untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terutama bagi ibu hamil.

ADVERTISEMENT

Begitupum dengan petugas kesehatan yang diharapkan intens melakukan koordinasi dengan kader PKK di desa dalam melakukan kegiatan deteksi dini di masyarakat.

“Mari kita sama-sama memberikan edukasi ke masyarakat, bekerja keras dalam pencegahan hingga penanganan stunting yang dimulai dari deteksi dini kepada ibu hamil, bagaimana perkembangan anak. Ayo kita sama-sama menyadarkan masyarakat betapa pentingnya menjaga anak karena anak adalah masa depan bangsa,” jelasnya.

Sosialisasi tersebut menghadirkan dr. Nur Rachmat spesialis Gizi yang juga merupakan ketua Komte medik Rumah sakit umum daerah (RSUD) Sinjai serta turut dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Sinjai, Hj. Andi Hariyani Rasyid dan Sekretaris Dinas Kesehatan Sinjai, drg. Farina Irfani. (UC)

Baca Selengkapnya

Komentar Facebook