Dinas PUPR Adakan Uji Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi di Sinjai

KABARSINJAI.COM, Sinjai – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Sinjai bersama Balai Jasa Kontruksi Wilayah VI Makassar mengadakan Uji Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi.

Uji sertifikat tersebut digelar di Kantor Desa Sukamaju, Kecamatan Tellulimpoe, Kabupaten Sinjai, Senin (14/10).

Kegiatan ini diikuti puluhan tenaga kerja dan para penyedia jasa konstruksi.

Wakil Bupati Sinjai, Hj. Andi Kartini Ottong menyambut baik Uji Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi ini.

Selain untuk menciptakan tenaga kerja yang terampil dan bersertikiasi, juga sebagai amanah Undang-Undang Nomor 02 Tahun 2017 Tentang Jasa Kontruksi.

“Sebagaiman aturan yang ada maka ini wajib hukumnya untuk dilaksanakan”, Sebutnya.

Lihat juga: 16 Dokter Umum di Sinjai Ikuti Sosialisasi Kesehatan Mata Anak, Ini Tujuannya

Dalam kegaitan ini, Ia juga harapan agar para pelaku jasa dibidang konstruksi maupun aparatur pemerintah dapat lebih mengetahui arti pentingnya tenaga kerja.

Lebih lanjut dikatakan bahwa kedepan tenaga kerja terampil harus tersertifikasi.

“Jadi nanti setiap kontraktor atau penyedia jasa wajib mempekerjakan tenaga kerja yang sudah bersertifikasi”, Tandasnya.

Hal ini juga demi menjaga keselamatan kerja bagi para tenaga kerja dari hal-hal yang tidak diinginkan. “Yang bersertifikasi pasti akan lebih profesional dan tentunya akan lebih mengutamakan keselamatan kerjanya”, Sambung Wakil Bupati.

Harapan, Pemkab selaku penyedia jasa konstruksi maupun tenaga kerja dan masyarakat yang bergerak dibidang konstruksi agar sama-sama berusaha meningkatkan profesionalisme kerja dalam mengelola konstruksi dari waktu kewaktu.

Selain Wakil Bupati, kegiatan ini turut dihadiri Perwakilan dari Kepala Balai Jasa Konstruksi Wilayah Makassar, PUPR Sinjai dan Kepala Desa Sukamaju. (**)

Editor / Bahar