Dinkes Kembali Tunjukkan Komitmen Pelayanan Prima. Ini Buktinya!

Kabarsinjai.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai, melalui Puskesmas Samaenre Kecamatan Sinjai Selatan dalam program pendataan indeks keluarga sehat melaksanakan kegiatan di Desa Gareccing Wilayah Kerja puskesmas tersebut, Selasa (24/10) telah menemukan seorang ibu dalam keadaan lemah, pusing, tampak pucat, dikarenakan pendarahan yang dialami sudah beberapa hari sebelumnya, akibat Suspek Kematian Janin Dalam Rahim (KJDR).

Setelah melakukan tindakan pelayanan kesehatan dasar dan sosialisasi oleh petugas yang lagi turun dilapangan melakukan pendataan tersebut, karena melihat kondisi Sang Ibu yang butuh tindakan kesehatan Extra, selanjutnya petugas menyarankan kepada pasien dan keluarganya untuk segera dirujuk ke Puskemas guna mendapatkan pelayanan yang maksimal.

Kepala Puskesmas Samaenre dr. Yayu nama Sapa’an melalui telepon Selulernya mengatakan, Benar petugas kami telah menemukan Pasien atas nama Ny. H, umur 31 Tahun dengan kasus yang dimaksud.

“Maka segeralah diperintahkan kepada petugas kami menjemput langsung pasien tersebut untuk dibawa ke puskesmas karena keluarganya tidak memiliki kendaraan dan biaya baik untuk menyewa angkutan maupun biaya tindakan dan perawatan di fasilitas pelayanan kesehatan,” ujarnya.

Lanjut Kepala Puskesmas Samaenre mengatakan begitu pasien tiba di Puskesmas maka langsung kami berikan tindakan pelayanan yaitu pemasangan infus, pemberian oksigen, pemeriksaan laboratorium darah serta therapy obat-obatan.

“Sekedar diketahui bahwa pasien tersebut sedang dalam penanganan dan perawatan oleh petugas kesehatan di Puskesmas Samaenre dan kami akan selalu memantau perkembangan setiap saat si Pasien, dan bilamana memang harus membutuhkan tindakan rujukan ke RSUD Sinjai maka kami pun sudah siapkan,” tambahnya.

Sementara itu kepala dinas kesehatan Sinjai dr.Suryanto Asapa menyampaikan apresiasi anggotanya yang telah memberikan pelayanan kepada masyarakat secara maksimal dan menghimbau kepada seluruh masyarakat Sinjai terutama para ibu hamil untuk senantiasa melakukan kontrol dan pemeriksaan di pusat layanan kesehatan karena menurutnya melalui program Jampersal maka bagi masyarakat tidak mampu akan mendapatkan pelayanan secara gratis.

“Pelayanan gratis tersebut mulai dari sewa transportasi sampai pelayanan di rumah sakit bahkan rumah tunggu di beberapa Puskesmas sudah di siapkan secara gratis, cukup dengan surat keterangan tidak mampu dari Pemerintah desa/kelurahan Maka Pemerintah akan menanggung semua biayanya,” jelasnya. (*)

Editor   : A. Mirza.