Dinkes Minta Pengusaha Depot Isi Ulang di Sinjai Jaga Kualitas Airnya

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sinjai, melalui Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan, Dra Hj Darmawati, meminta pengusaha depot air minum isi ulang yang ada di Kabupaten Sinjai untuk menjaga kualitas airnya.

Menurutnya ini penting sebab data tahun 2018, sebanyak 73 sampel dari 84 depot yang tersebar di Delapan kecamatan, Dinkes Sinjai menemukan tidak satupun depot yang bisa konsisten memiliki kualitas air minum selama enam bulan.

“Hasil pemeriksaan micro biologi oleh teman-teman Dinkes tidak ada satupun yang bisa menjaga kualitas, dari data diatas jumlah air minum yang tercemar bakteri masih tinggi,” ucap Darmawati saat mewakili Kadinkes membuka Pertemuan Penyehatan Kualitas Air (PKA) Bagi pengusaha depot air minum di Aula Dinkes Sinjai, Jumat (26/7/2019)

Baca Juga: Bupati Sinjai Hadiri Rakornas TPID di Jakarta, Ini Harapannya

Dengan pertemuan ini, Darmawati berharap pengusaha mampu menghadirkan tersedianya depot air minum yang memenuhi syarat kesehatan sehingga masyarakat terlindung dari penyakit atau gangguan kesehatan yang berasal dari depot air minum.

Terpisah, Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan kerja dan Kesehatan Olahraga, Ambo Sakka yang ditemui menuturkan, pertemuan ini bertujuan untuk memberikan pengawasan kepada pengusaha depot air minum. Termasuk pengajuan pembentukan asosiasi depot air minum.

Baca Juga: Maling Spesialis Nasabah Bank di Sinjai Tewas Setelah Ditembak Polisi, Begini Kronologisnya

“Jadi hari ini yang kita tekankan adalah bagaimana pengusaha bisa menjaga kualitas air yang dijual ke masyarakat, dengan menghadirkan pemateri dari Perindag dan DPM-PTSP mengenai izinnya,” jelasnya.

Pertemuan PKA ini turut dihadiri puluhan pengusaha depot air minum yang ada di Kabupaten Sinjai. (Adi)

Editor/Bahar