oleh

Dinkes Sinjai Adakan Pertemuan Tekhnis Kesehatan Tradisional

KABARSINJAI.COM, Sinjai – Tanaman Obat Keluarga (Toga) merupakan sekumpulan tanaman berkhasiat obat yang ditanam di pekarangan untuk memelihara kesehatan keluarga.

Sedangkan Akupresur adalah keterampilan yang dilakukan dengan melakukan penekanan/pemijatan pada titik-titik akupuntur menggunakan jari.

Kedua hal itu menjadi pembahasan utama pada pertemuan tekhnis kesehatan tradisional yang digelar oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Sinjai., Senin (04/11).

“Untuk kedua hal ini, baik Toga maupun Akupresur sudah dilaksanakan di Kabupaten Sinjai”, Ungkap Kadis Kesehatan Sinjai, dr. Andi Suryanto Asapa pada pertemuan itu.

Dikatakan jika toga ini sudah ada di masing-masing puskesmas kemudian penggunaan Akupresur.

Lihat juga: Realisasikan Bantuan Seragam Sekolah di Sinjai, Ini Kata Orang Tua Siswa

“Tetapi Akupresur belum berjalan dengan bagus, nah ini kita berupaya sehingga puskesmas bisa menjalankan sekaligus nanti bisa di implementasikan terhadap masyarakat”, Harapnya.

Hal ini menurutnya perlu di implementasikan karena Akupresur penekanannya terhadap titik-titik  saraf. “Sebenarnya ini mudah untuk dilakukan namun tergantung dari kita”, Katanya.

Untuk itu, dia berharap agar para kepala puskesmas dapat memberikan perhatian penuh terhadap petugas serta bisa menyiapkan semua sarana dan perasarana yang dibutuhkan puskesmas.

“Akupresur ini kan membutuhkan tempat yang spesifik sama halnya dengan pemeriksaan ibu hamil”, Tutupnya.

Pertemuan tekhnis kesehatan tradisional ini dilaksanakan di Aula Wisma Hawai Sinjai dengan diikuti 60 orang peserta yang berasal dari 16 Puskesmas dan pengelola kesehatan tradisional. (**)

Editor / Bahar

Komentar Facebook

BERITA TERBARU