Direktur Lakpesdam Ajak Peternak Sapi Dukung Program Asuransi Ternak dan Siwab (IB)

Kabarsinjai.com –¬†Puluhan peternak sapi mengikuti pelatihan pemberdayaan ekonomi umat yang dilaksanakan oleh Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Sinjai. Kamis, (28/09).

Kegiatan yang dipusatkan di Desa Massaile ini juga menghadirkan Drh. Mappamancu, Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat dan Veteriner, serta Rosdiana Kepala Seksi Non Ruminansia Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) sebagai narasumber.

Dalam sambutannya Direktur Lakpesdam NU Sinjai, Irwan Suaib mengajak para peternak sapi untuk senantiasa mendukung program pemerintah pusat yang saat ini tengah gencar dilaksanakan oleh pemerintah daerah Sinjai melalui DPKH kabupaten Sinjai.

“Saya mengharapkan kepada seluruh peternak melalui pelatihan ini, agar mengikuti program pemerintah dalam hal ini Asuransi Ternak dan Sapi Indukan Wajib Bunting (Siwab) melalui Inseminasi Buatan (IB), karena sangat menguntungkan dan dapat meningkatkan resiko kematian sapi pada peternak,” ungkap Irwan yang juga mantan Sekretaris DPKH Sinjai.

Lebih lanjut dikatakan melalui program pemerintah pusat ini, dimaksudkan untuk meningkatkan kesejahteraan para peternak.

“Karena apabila mengikuti program ini, para peternak tidak akan ada ruginya, sebab ketika sapinya hilang akan diganti dengan klaim asuransi sebesar 9 juta rupiah sementara sapi mati sebesar 10 juta rupiah,” jelasnya.

Kegiatan yang mengangkat tema “Meningkatkan SDM Peternak, Mahasiswa, dan Pelajar Menuju Masyarakat yang Mandiri dan Sejahtera” ini dihadiri oleh Direktur Lakpesdam NU Sinjai, Irwan Suaib, Pengurus Tanfidziah Pengurus Cabang NU Sinjai, Drs. H. Muh. Adnan, Kepala Desa Massaile, pelajar dan mahasiswa serta diikuti puluhan peternak sapi se-kabupaten Sinjai. (*)

Editor   : A. Mirza.