oleh

Disaat LBH SB Sosialisasi Bantuan Hukum Gratis di Sinjai Borong, Ini Harapan Warga

KABARSINJAI.COM, Sinjai – Lembaga Bantuan Hukum Sinjai Bersatu (LBH SB) belum lama ini, telah menggelar sosialisasi bantuan hukum gratis bagi masyarakat miskin di Kecamatan Sinjai Borong.

Sosialisasi tersebut dibuka oleh Kabag Hukum Setdakab Sinjai, Lukman Dahlan, di Aula Kantor Camat Sinjai Borong.

Ketua LBH SB, Ahmad Marzuki mengatakan sosialisasi bantuan hukum gratis ini diikuti aparat desa, tokoh masyarakat, organisasi pemuda dan masyarakat umum lainnya.

“Kegiatan ini merupakan kerja sama antara LBH SB dengan Pemerintah Kabupaten Sinjai”, Ujarnya.

Tujuannya, selain untuk memberikan pemahaman bagi mereka soal bantaun hukum gratis bagi masyarakat miskin, juga sebagai bentuk komitmen LBH SB mengenai partisipasi pembangunan daerah dengan mendorong implementasi Peraturan Daerah (Perda) tentang layanan bantuan hukum gratis.

“Kalau tujuan adanya Program ini guna meringankan beban (biaya) hukum yang harus ditanggung oleh masyarakat tidak mampu di depan Pengadilan”, Jelasnya.

Sementara itu, Lukman Dahlan mengapresiasi kegiatan ini karena telah memberi dukungan dalam hal memperkenalkan salah satu program unggulan Pemkab Sinjai.

“Bantuan hukum ini adalah inovasi yang dimiliki Pemkab Sinjai untuk memastikan seluruh warga masyarakat Sinjai mendapatkan hak dan akses keadilan, terutama bagi keluarga miskin”, Harapnya.

Dalam sosialisasi itu, LBH SB menghadirkan tiga narasumber yakni Kasidatun Kejari Sinjai, Bagian Hukum Setdakab Sinjai dan LBH Sinjai Bersatu.

Sebelumnya sosialisasi ini juga telah di laksanakan di Sinjai Timur, Sinjai Selatan dan terakhir di Kecamatn Bulupoddo, Kamis (12/12) kemarin.

Salah satu warga, Arifuddin mengaku sangat senang dengan adanya program Bantuan hukum gratis bagi masyarakat miskin.

Sebab menurutnya dengan program ini akan membuat masyarakat lebih mudah mendapatkan layanan konsultasi hukum secara gratis untuk semua kasus, tentu dengan harapan  tidak ada lagi masyarakat miskin yang merasakan ketidakadilan akibat kurang paham soal hukum.

“Semoga bantuan hukum gratis ini dapat membantu dan dirasakan oleh masyarakat khususnya bagi mereka yang bermasalah hukum”, Tutupnya.

Editor / Bahar

Komentar Facebook

BERITA TERBARU