Disdik Sinjai Bekali Ratusan Guru Penyusunan Model Pembelajaran Inovatif

KABARSINJAI –┬áRatusan tenaga pendidik yang terdiri dari Kepala Sekolah dan Guru di Bumi Panrita Kitta’ julukan daerah Kabupaten Sinjai antusias mengikuti pelatihan penyusunan model-model pembelajaran inovatif sekolah dasar.

Kegiatan ini diinisiasi Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sinjai dan berlangsung di Gedung Pertemuan, Rabu (13/12), dan dibuka Penjabat (Pj) Bupati Sinjai, yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Sinjai Andi Jefrianto Asapa.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Sinjai, Irwan Suaib mengatakan, penyusunan model pembelajaran inovatif ini merupakan angkatan pertama yang melibatkan pengajar praktik lokal dan luar daerah, ini diikuti sedikitnya 600 guru dan sekolah.

Tujuannya untuk meningkatkan pemahaman guru terhadap model-model pembelajaran inovatif, serta meningkatkan keterampilan guru dalam menerapkan model pembelajaran. Termasuk memanfaatkan Platform Merdeka Mengajar dalam Penunjang Implementasi Kurikulum Merdeka (pembuatan aksi nyata), akun belajar id dan chromebook.

“Jadi kami terus mendorong guru dalam memperbaiki kualitas belajar dan pembelajaran. Selain itu, agar guru dapat menyusun dan menggunakan model-model pembelajaran yang inovatif untuk diterapkan di dalam kelas,” pungkasnya.

Dalam sambutannya, Andi Jefrianto menegaskan model pembelajaran inovatif adalah landasan utama dalam mempersiapkan generasi yang siap menghadapi tantangan global. Model pembelajaran inovatif memungkinkan para siswa untuk tidak hanya menjadi penikmat informasi, tetapi juga menjadi pembuat solusi bagi permasalahan masa kini.

Dikatakan Andi Jefrianto, pelatihan ini merupakan salah satu upaya Disdik Sinjai untuk meningkatkan kompetensi bagi pendidik dan tenaga kependidikan. Model pembelajaran, kata dia menjadi salah satu unsur yang harus dikuasai oleh para guru yang tujuannya adalah untuk menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan, dan lebih efisien sehingga para siswa dapat memahami materi yang disampaikan lebih maksimal.

Olehnya itu, Andi Jefrianto mengajak seluruh stakeholders pendidikan, mulai dari guru, orang tua, hingga komunitas, untuk bersama-sama mendukung dan berkontribusi dalam mewujudkan model pembelajaran inovatif.

“Mari kita bersama mempersiapkan generasi yang tangguh, kreatif, dan siap menghadapi masa depan.
Saya yakin, dengan komitmen, kerja cerdas dan kerja ikhlas kita bersama, tentu dapat mewujudkan pendidikan yang berkualitas di Kabupaten Sinjai yang sekarang semakin menunjukkan kemajuan menuju Sinjai untuk Indonesia,” jelasnya.

Pelatihan penyusunan model-model pembelajaran inovatif Sekolah Dasar tersebut bakal berlangsung hingga Minggu (17/12) mendatang. Sedangkan angkatan kedua bakal digelar pekan depan pada Senin (18/12) mendatang.

Turut hadir Sekretaris Disdik Sinjai Dian Purnamasari, para Kepala Bidang, pejabat eselon IV, koordinator pengawas, serta penilik se-kabupaten Sinjai. (*)