Disdik Sinjai Gaungkan Transisi PAUD-SD yang Menyenangkan

KABARSINJAI – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sinjai terus menggaungkan transisi PAUD-SD yang menyenangkan. Program ini merupakan salah satu episode Merdeka Belajar.

Bentuk dukungan itu dibuktikan dengan penandatanganan serta komitmen bersama dukung transisi PAUD-SD yang digelar di Gedung Pertemuan Sinjai, Selasa (27/6/2023)

Kepala Dinas Pendidikan Sinjai, Irwan Suaib mengatakan, dalam mendukung transisi PAUD SD kelas awal, pihaknya telah menindaklanjuti Surat Edaran Direktur Jenderal PAUD Dikdasmen Kemendikbudristek dengan mengeluarkan Surat Edaran Nomor 385 Tahun 2023 tanggal 17 Februari 2023 tentang Penguatan Transisi PAUD ke Sekolah Dasar Kelas Awal.

Kata dia, terdapat tiga utama yang ingin dicapai dari transisi PAUD SD yang tertuang salam surat edaran tersebut diantaranya, penerimaan peserta didik baru pada SD tidak menerapkan tes kemampuan membaca, menulis dan berhitung atau bentuk tes lainnya.

BACA JUGA: Penilaian Lomba Desa Tingkat Provinsi, Sekda Sinjai Tegaskan Desa Barania Siap Wakili Sulsel

Kemudian, masa pengenalan lingkungan sekolah selama dua minggu baik di PAUD maupun di SD. Selanjutnya, menerapkan pembelajaran dengan membangun kemampuan fondasi anak secara berkesinambungan mulai dari PAUD sampai SD kelas awal (kelas 1 dan 2).

“Transisi PAUD SD adalah proses dimana anak berpindah dari perannya sebagai peserta didik PAUD menjadi peserta didik SD dan menyesuaikan diri dengan lingkungan belajar barunya, dimana transisi yang efektif adalah saat anak tidak perlu melakukan terlalu banyak penyesuaian sebagai akibat dari perpindahannya,” ungkapnya.

Karena itu tambah Irwan, kesiapan bersekolah melalui transisi PAUD SD dapat dimaknai sebagai capaian, kesiapan bersekolah bukanlah upaya untuk mensertifikasi mana anak yang “sudah siap” atau “belum siap”.

Sebab, tujuan pembelajaran sesungguhnya adalah memastikan setiap anak mendapatkan haknya untuk memiliki kemampuan fondasi menuju pembelajar sepanjang hayat.

Sementara itu, Bunda PAUD Hj. Andi Nurhilda Daramata Seto mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Kepala Dinas Pendidikan Sinjai bersama jajarannya yang telah memfasilitasi pelaksanaan kegiatan ini yang merupakan tindak lanjut dari berbagai kegiatan terkait transisi PAUD SD yang telah diikuti sebelumnya.

Dia mengatakan bahwa, proses transisi anak dari rumah ke satuan PAUD dan transisi anak dari satuan PAUD ke sekolah dasar menjadi sangat penting, dengan demikian orang tua dan guru harus memandang transisi PAUD SD sebagai suatu proses yang berkesinambungan sehingga anak siap belajar di sekolah dasar.

BACA JUGA: Rotasi Pejabat Ditubuh Polri, Kapolres Sinjai Ikut Berganti

“Harapan kita semua tentunya dengan kebijakan transisi PAUD SD yang menyenangkan dapat meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Sinjai. Dinas Pendidikan harus melakukan langkah-langkah penguatan kepada para pengawas, pendidik dan kepala satuan pendidikan dalam mendukung transisi PAUD SD kelas awal,” pungkasnya.

Sosialisasi dan komitmen bersama untuk mendukung transisi PAUD SD dihadiri Balai Besar Penjamin Mutu Pendidikan Provinsi Sulsel, Dewan Pendidikan Sinjai, Ketua Pokja Bunda PAUD, para pejabat eselon III dan IV Dinas Pendidikan, Koordinator Pengawas para pengawas SD, TK serta penilik PAUD dan Pendidikan Non Formal.