Disdik Sinjai Konsisten Wujudkan Sekolah Rujukan Google, 7 Sekolah Mulai Ikuti Pelatihan 

KABARSINJAI – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sinjai terus berkomitmen dan konsisten terhadap target mewujudkan sekolah rujukan Google di Bumi Panrita Kitta’ julukan daerah Kabupaten Sinjai.

Salah satu upayanya adalah dengan mengadakan pelatihan bersama Google for Education mengadakan pelatihan L-0 Google for Education melalui platform Teams, Senin (13/5/2024).

Pelatihan ini merupakan langkah awal dalam mewujudkan komitmen Disdik Sinjai menjadikan satuan pendidikan di Kabupaten Sinjai sebagai sekolah rujukan Google.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Sinjai, Irwan Suaib, mengungkapkan bahwa komitmen ini merupakan upaya untuk mendorong 7 Satuan Pendidikan di Sinjai menjadi Sekolah Rujukan Google.

Dukungan penuh diberikan oleh Disdik, salah satunya dengan menyediakan fasilitas Chromebook untuk menunjang pembelajaran digital.

“Selain itu, Google juga akan memberikan pendampingan dan pelatihan bagi para guru dan staf di sekolah-sekolah rujukan Google ini,” jelas Irwan.

Pelatihan L-0 Google for Education ini dihadiri oleh perwakilan dari Google Indonesia, M. Edward Ranggong dan Co Kapten Belajar.id, serta para pejabat Eselon III dan IV di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai.

Irwan berharap melalui pelatihan ini, para tenaga pendidik di sekolah rujukan Google dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam menggunakan teknologi Google for Education dalam proses belajar mengajar.

“Sekolah rujukan ini tentu kami harapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Sinjai,” harapnya.

Disdik Sinjai juga telah menunjuk 7 satuan pendidikan sebagai sekolah rujukan Google, diantaranya UPTD SMPN 1 Sinjai, UPTD SMPN 3 Sinjai, UPTD SMPN 5 Sinjai, UPTD SMPN 7 Sinjai, SDN 177 Saohiring, SDN 88 Jennae, dan SDN 103 Bontompare.

Ketujuh sekolah ini bakal mengikuti pelatihan L-0 yang dilaksanakan selama 3 hari kedepan secara online atau daring, dengan durasi 2 jam per hari.

Sebelumnya, Irwan menghadiri Indonesia Education Summit 2024 yang dilaksanakan oleh Google for Education dan Balai Layanan Platform Teknologi (BLPT) Kemdikbudristek di Jakarta, Selasa (5/3/2024) lalu.

Dari kunjungan inilah sehingga ide untuk menghadirkan sekolah rujukan Google di Kabupaten Sinjai akhirnya muncul.

Tujuannya tidak lain untuk agar strategi penerapan transformasi pembelajaran digital dan penerapan sekolah digital agar bisa diimplementasikan di Kabupaten Sinjai. (*)

Komentar