oleh

Disdik Sinjai Kumpulkan Bendahara dan Kepala Sekolah Ikuti Workhsop RKA Dana Bos

KABARSINJAI.CO, Sinjai, – Agar tidak bermasalah dalam penggunaan, Dana Bantuan Operasional Sekolah (Bos) hendaknya di kelola dengan baik oleh sekolah yang bersangkutan.

Ini lah yang menjadi dasar Dinas Pendidikan (Disdik) Sinjai melaksanakan Workhsop Rencana Kerja Anggaran (RKA) tahun 2020 di Gedung Pertemuan Sinjai, Selasa (17/09/19)

Sekretaris Disdik Sinjai, Hj Andi Sompa, mengatakan Workhsop yang diikuti kepala sekolah, operator dan bendahara sekolah ini akan berlangsung selama dua hari hingga Rabu 18 September 2019.

“Peserta yang ikut sebanyak 279 orang yang terbagi dari 239 SD dan 40 SMP baik kepala sekolah, operator dan bendahara dana bos”, ucapnya.

Workhsop tersebut bertujuan untuk penyamaan persepsi tentang tata kelola dana bos, sehingga menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkulitas. Sebab pihak Disdik Sinjai kata dia, menginginkan penganggaran, perencanaan, pelaksanaan, dan pertanggung jawaban setiap tahun yang semakin berkualitas.

“Walau bagaimanapun dana bos merupakan tanggung jawab sekolah, maka tugas Disdik melakukan sharing informasi bagaimana pendampingan dalam pengelolaan dana bos”, katanya.

Oleh karena itu, Andi Sompa, rencana anggaran sekolah (RAS) Dana Bos disusun berdasarkan kebutuhan sekolah itu sendiri.

“Mengingat tahun ini dana bos itu tidak hanya reguler tapi sudah ada afirmasi dan kinerja makanya kita harapkan bisa merencanakan RAS dengan baik”, harapnya.

Terpisah, Asisten Perekonomian Pembangunan dan Kesra Sinjai, dr Nikmat B Situru yang membuka kegiatan ini menyambut baik Workhsop RKA tahun 2020. Ia yakin melalui kegiatan ini akan lahir RKA sekolah yang semakin baik dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Selaku Pemerintah Kabupaten Sinjai saya sangat menyambut baik karena segala sesuatu jika menginginkan yang baik harus dimulai dengan perencanaan yang baik pula seperti kegiatan ini yang arahnya melahirkan SDM yang unggul dan berdaya saing”, jelasnya.

Di hari pertama workshop RKA ini diisi dengan materi dari Inspektorat, BPKAD dan Disdik Sinjai. Selanjutnya di hari kedua, peserta workshop akan dilatih penyusunan RKS serta cara penginputan pengadaan melalui aplikasi SIPLAH. (Tom)

Editor/Bahar

Komentar Facebook

BERITA TERBARU