oleh

Disdik Sinjai Sosialisasi ANBK Pengganti UNBK

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) RI memprogramkan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK).

ANBK merupakan program evaluasi pengganti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses, dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

Dari kebijakan tersebut, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sinjai, A. Jefrianto Asapa terus mendorong para tenaga pendidik maupun kependidikan untuk memaksimalkan pelaksanaan ANBK.

Agar pelaksanaannya berjalan dengan baik, Disdik Sinjai menggelar Pelatihan ANBK sekaligus memperkenalkan aplikasi “Macca Qe” di Aula Wisma Sanjaya, Kecamatan Sinjai Utara, Rabu (21/09/2022).

BACA JUGA:
Meski Setiap Tahun Menurun, Pemkab Sinjai Terus Perkuat Strategi Atasi Kemiskinan

Bulan Oktober BPS Adakan Regsosek, Pemkab Sinjai Harap Masyarakat Berpartisipasi

“Asesmen ini dilakukan dengan mengambil sampel dari siswa yang ditentukan secara acak melalui aplikasi. Hasil dari ANBK ini akan menggambarkan profil sekolah kita sehingga tergambar kualitas dunia pendidikan yang ada di Kabupaten Sinjai,” jelasnya.

Disamping itu, rapor mutu sekolah yang telah tergambarkan dari hasil ANBK dikatakan A. Jefri, akan muncul pada aplikasi “Macca Qe”.

“Sehingga seluruh gambaran mutu sekolah hasil asesmen tadi, akan kita sinkronkan di aplikasi Macca Qe. Inilah yang terus kita dorong untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah-sekolah,” pungkasnya.

BACA JUGA:
BKN Ganjar Pemkab Sinjai 2 Penghargaan Sekaligus

Dinkes Sinjai Tingkatkan Kapasitas Petugas Kesehatan dalam Pelayanan Terpadu PTM

Sekadar diketahui, Pelatihan ANBK ini berlangsung sejak 21-23 September 2022 yang diikuti oleh para guru maupun operator sekolah se-Kabupaten Sinjai. (hms)

Komentar Facebook

Komentar