Diskominfo Sosialisasi Pemanfaatan Internet Sehat, SMAN 1 Sinjai Sambut Baik

KABARSINJAI – Dinas Komunikasi, Informatika (Diskominfo) dan Persandian Kabupaten Sinjai, melalui Bidang Aplikasi dan Informatika (Aptika) mengadakan sosialisasi pemanfaatan internet sehat di SMAN 1 Sinjai, Selasa (4/6/2024).

Kegiatan yang berlangsung di Mushola SMAN 1 Sinjai itu dibuka oleh Kadis Kominfo dan Persandian Sinjai, Dr. Mansyur, didampingi Plt Sekretaris Diskominfo dan Persandian, Hj Ika Mayasari, serta Kabid Aptika Muhammad Takdir sekaligus menjadi narasumber.

Selain itu hadir pula Relawan TIK Kabupaten Sinjai Lutfi Hidayat, yang menjadi narasumber pada kegiatan tersebut.

Dalam sambutannya, Dr. Mansyur mengatakan pentingnya edukasi internet sehat terutama dikalangan pelajar yang merupakan generasi penerus bangsa.

Dikatakan bahwa dalam menggunakan internet ada aturan yang harus dipatuhi, salah satunya adalah UU ITE (Informasi dan Transaksi Elektronik) Nomor 11 Tahun 2008 yang kini sudah diperbaharui menjadi UU ITE Nomor 19 Tahun 2016.

“Dalam UU ITE tersebut, setidaknya ada beberapa hal yang paling mendasar yang tidak boleh dilakukan saat berinternet, khususnya menebar berita hoax, menebar ujaran kebencian serta tidak menebar informasi yang bermuatan negatif,” jelasnya.

Seiring dengan gencarnya penggunaan teknologi informasi, kata dia, maka literasi digital sangat penting dalam mewujudkan masyarakat yang cakap teknologi dan media digital yang benar dan bertanggung jawab.

Kadis Kominfo berpesan kepada para siswa dan terkhusus para guru agar dapat meningkatkan kemampuan dalam menggunakan teknologi informasi dan memberikan bimbingan serta contoh nyata pemanfaatan TI yang cerdas, kreatif dan produktif kepada peserta didiknya.

Sementara itu Wakil Kepala SMAN 1 Bidang Kesiswaan, Mauluddin menyambut baik dengan adanya sosialisasi internet sehat yang dilaksanakan oleh Pemkab Sinjai.

Menurutnya, sosialisasi ini penting bagi siswa selaku generasi muda dalam memanfaatkan perkembangan teknologi secara bijak sehingga tidak terjerumus kedalam hal-hal yang negatif.

Untuk itu ia mengharapkan kepada Pengurus OSIS yang mengikuti sosialisasi ini agar memahami pemanfaatan teknologi dengan baik sehingga dapat mengedukasi teman-teman yang lain.

“Selaku pengurus OSIS ini menjadi garda terdepan dalam berinternet sehat sehingga informasi yang negatif dapat diminimalisir. Semoga siswa ini bisa menjadi corong informasi ke teman lain,” harapnya. (*)