oleh

Diskusikan Percepatan Digitalisasi Daerah, BI Akui Sinjai Layak Dicontoh

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Melalui Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD), Bank Indonesia (BI) mendorong semua daerah agar sistem transaksi dalam bentuk non tunai dengan memanfaatkan perkembangan digital.

Tak terkecuali di Kabupaten Sinjai, hal tersebut terlihat saat sejumlah perwakilan BI Sulsel melakukan pertemuan dengan jajaran Pemkab Sinjai di ruang rapat Sekretaris Daerah (Sekda). Selasa pagi, (26/10/2021)

Pertemuan tersebut dikemas dalam bentuk Sosialisasi dan Diskusi Indeks Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (IETPD) dan Penyusunan Roadmap TP2DD

Dalam pertemuan ini, Asisten Direktur Kantor BI Perwakilan Sulsel, Devy Ika Puspitasari mengakui inovasi yang telah diterapkan oleh Pemkab Sinjai dalam hal transaksi non tunai.

BACA JUGA: Sinjai Didaulat Tuan Rumah Harkopnas Tingkat Sulsel

“Sinjai itu keren, karena sudah ada beberapa sistem pembayaran itu telah menerapkan sistem non tunai dengan memanfaatkan digitalisasi,” katanya kepada media.

Bahkan, Devy mengatakan bahwa inovasi Pemkab Sinjai ini layak untuk dicontoh oleh daerah lain di Sulsel.

“Ini merupakan kabupaten satu-satunya di Sulsel yang sudah menerapkan pembayaran dengan menggunakan sistem digital, dan inovasi Pemkab Sinjai ini dapat ditiru oleh daerah lain,” jelasnya.

BACA JUGA: Ada Pameran Karya Seni Rupa di Gedung Pertemuan Sinjai, Intip Yuk!

Sementara, Sekda Sinjai Drs. Akbar menyampaikan beberapa inovasi Pemkab Sinjai dalam hal transaksi non tunai melalui QRIS.

“Kita lakukan beberapa inovasi, yakni dalam hal peningkatan PAD yang sumber pungutannya dari pajak dan retribusi. Ini yang kita kelola dan penerapan sudah dalam bentuk transaksi digital, diantaranya pajak bumi bangunan, kemudian transaksi yang dilakukan di tempat kuliner, itu sudah dapat menggunakan transaksi digital dengan sistem digitalisasi QRIS,” bebernya.

Dalam pertemuan ini dihadiri beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Sinjai. (Tim)

Komentar Facebook

BERITA TERBARU