Ditengah Kesibukannya Sebagai Penyiar Radio, Baso Salahuddin Juga Aktif Berdakwah Dibulan Ramadan

KABARSINJAI – Aktivitasnya sebagai penyiar di Radio Suara Bersatu FM milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai, tidak menyurutkan semangat Baso Salahuddin untuk berdakwah mensyiarkan agama Islam di segenap penjuru Kabupaten Sinjai.

Baso, begitu sapaan akrabnya selain aktif memberikan pesan-pesan edukatif melalui siaran radio di frekuensi 95,5 Mhz, ia juga kerap kali tampil di mimbar masjid.

Di bulan suci Ramadan tahun 1445 Hijriah ini, hampir tiap malam dirinya diundang untuk mengisi ceramah di masjid saat jeda salat isya dan salat sunnah tarawih.

Ia mengaku, sebelumnya dirinya telah dijadwal atas permintaan langsung beberapa pengurus masjid, serta jadwal yang diberikan atas permintaan pengurus masjid melalui komunitas da’i yang dimasukinya, disebut Komunitas Pendakwah Keren (KPK).

Meski ia sebagai seorang penyiar, Baso mengaku bahwa tanggung jawab atas agama tetap harus dijalankan sebagai bagian dalam syiar agama Islam.

“Alhamdulillah walaupun memang kita terkadang capek karena padatnya jadwal. Apalagi di bulan suci Ramadan ini saya mulai siaran di subuh hari dan sore hari. Kemudian lanjut lagi malamnya untuk memberikan tausiyah di masjid,” bebernya, Selasa (26/03).

Lebih lanjut dikatakan, kerap kali dirinya juga diminta untuk mengisi ceramah kultum menjelang buka puasa di sore harinya, ceramah subuh, hingga memberikan nasihat kematian kepada keluarga yang berduka cita.

“Kami sampaikan bahwa ini bukan bersifat untuk riya atau ingin mencari popularitas, tapi memang karena saya menganggap bahwa urusan agama itu juga harus kita ambil bagian didalamnya. Karena dihadapkan juga dengan tugas pekerjaan yang harus diselesaikan, makanya kami coba mengatur waktu sehingga semua bisa kita jalankan dengan baik,” pungkasnya.

Di bulan suci Ramadan ini, Baso mengaku memiliki jadwal yang tersebar di 5 kecamatan di Kabupaten Sinjai, dan 1 kecamatan di wilayah Kabupaten Bone.

Di setiap ceramahnya, ia menekankan pentingnya pendidikan iman dan amal saleh sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, serta tetap memperhatikan hubungan sosial yang baik di tengah masyarakat sesuai ajaran agama Islam.