oleh

DTKS Minta di Update, Bupati ASA: Solusi Agar Bantuan Tepat Sasaran

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) launching Bantuan Beras PPKM 2021 untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Sosial Tunai (BST) yang diluncurkan oleh kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia.

Launching tersebut berlangsung di halaman Gudang Bulog Desa Saukang Kecamatan Sinjai Timur yang dihadiri Dandim 1424 Sinjai Letkol Inf. Ely Asyer Sitompul, perwakilan Kapolres Sinjai, Kadis Sosial A. Muh. Idnan Camat Sinjai Timur Akbar, serta sejumlah perwakilan masyarakat penerima bantuan. Jumat sore, (23/07/2021)

Saat memberikan sambutan, Bupati ASA mengungkapkan bahwa pandemi Covid-19 telah menimbulkan kontraksi perekonomian dunia yang cukup parah dan berpengaruh sangat siginifikan terhadap perekonomian Indonesia.

Upaya penanggulangan kemiskinan di Sulawesi Selatan khususnya di Kabupaten Sinjai kata Bupati ASA, pemerintah telah membuat sejumlah kebijakan melalui Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

BACA JUGA: Sinjai Dapat Bantuan Beras PPKM, Bulog: Kami Siap Gantikan Jika Kualitasnya Rendah

“Alhamdulillah, pemerintah melalui Kementerian Sosial bekerja sama dengan Perum Bulog telah mengucurkan bantuan berupa beras 10 Kilogram (kg) dengan tujuan untuk meringankan beban masyarakat,” ucapnya.

Agar penerima bantuan bisa tepat sasaran, Bupati ASA menekankan pemerintah desa atau kelurahan dapat meng-update data-data terbaru terkait Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) untuk menghindari inclusion error atau exclusion error dalam penyaluran bantuan sosial.

“Dibutuhkan komitmen tinggi pada seluruh aspek masyarakat untuk melakukan pencarian data, updating terhadap Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) sebagai data induk seluruh penanganan kemiskinan,” imbuhnya.

Ia menegaskan, “Kita punya harapan pak Camat selaku pimpinan di wilayahnya bisa mendorong penuh Plt kepala desa agar bertindak secara objektif dalam menentukan warga miskin yang ada di wilayahnya khususnya dalam updating data,” tegas Bupati ASA.

BACA JUGA: Berkat Bupati ASA, Pokdakan di Sinjai Kembali Terima Bantuan Benih Udang Windu

Bupati ASA berharap dengan bantuan ini, bisa mempermudah dan meringankan beban masyarakat penerima manfaat.

Di kesempatan yang sama, Kepala Cabang Perum Bulog Bulukumba, Erfina Sulaeha merinci bantuan beras yang akan diberikan untuk Kabupaten Sinjai sebesar 161,5 ton yang diperuntukkan kepada 16.150 Kepala Keluarga (KK) selaku Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

“Dari data tersebut dibagi menjadi penerima yang bersumber dari KPM Program Keluarga Harapan (PKH) sebanyak 9.903 KK dan KPM Bantuan Sosial Tunai (BST) 6.247 KK,” jelasnya.

Laporan: Meri Suciana

Komentar Facebook

BERITA TERBARU