Dua Kecamatan Segera Dicanangkan Menjadi Kampung Siaga Bencana

KABARSINJAI – Dua kecamatan di Kabupaten Sinjai bakal dicanangkan menjadi Kampung Siaga Bencana (KSB), diantaranya kecamatan Sinjai Borong dan Sinjai Selatan. Rencananya, pencanangan digelar di Alun-Alun Lapangan Sinjai Bersatu pada Sabtu (06/07/2024) mendatang.

Kepala Dinas Sosial Sinjai A. Muh. Idnan menjelaskan KSB merupakan pelatihan mitigasi bencana berbasis masyarakat yang dilakukan untuk mengurangi risiko dan ancaman bencana di daerah rawan bencana.

“KSB ini kampung siaga bencana semacam pelatihan berbasis masyarakat. Kita melatih orang-orang yang nantinya akan menjadi inisiator jika terjadi bencana,” ungkapnya usai mengikuti rapat kordinasi bersama Forkopimda dan OPD di Command Center Rumah Jabatan Bupati, Senin (01/07/2024) malam.

Jika tak ada aral yang melintang, Pencanangan akan dilakukan langsung oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial yang sekaligus Pelaksana Tugas Direktorat Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos RI, namun sebelum itu akan digelar apel siaga yang dipimpin Pj Bupati Sinjai, T.R Fahsul Falah.

Untuk memastikan pencanangan nanti berjalan lancar tanpa kendala, pihak Dinsos diketahui telah melakukan sejumlah persiapan, termasuk kesiapan peserta yang akan mengikuti pelatihan mitigasi bencana.

Sekira 120 peserta dari dua kecamatan akan dilibatkan dalam pelatihan tersebut. Mereka itulah yang nantinya akan menjadi perpanjangan tangan Pemerintah Daerah jika terjadi bencana di Desa-Desa.

“Peserta KSB akan memperoleh pelatihan dari pihak Kemensos dan Tim Tagana Pusat mulai 4 Juli 2024. Nanti minimal di setiap Desa ada peta jaringan kebencanaan dan ada titik kumpul apabila terjadi bencana,” ungkapnya.

Sebelumnya Di Kabupaten Sinjai diketahui sudah terbentuk dua KSB yakni di Kecamatan Sinjai Barat dan Sinjai Tengah. (*)