oleh

Dua Tahun Bupati ASA Bangun Puskesmas Manipi, Diproyeksi Jadi Rumah Sakit Pratama Kedua di Sinjai

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Janji Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) dalam meningkatkan pelayanan kesehatan yang merupakan kebutuhan dasar masyarakat terus direalisasikan melalui pembangunan sarana dan prasarana kesehatan.

Sebut saja, Puskesmas Manipi yang berada di kecamatan Sinjai Barat. Selama dua tahun terakhir, Bupati ASA terus menggelontorkan anggaran sebesar Rp8,2 miliar untuk pembangunan gedung baru.

Berdasarkan penelusuran di Layanan Pengadaan Sistem Elektronik (LPSE) Pemkab Sinjai, pada tahun 2021, gedung baru Puskesmas Manipi dibangun melalui Dinas Kesehatan Sinjai dengan jumlah anggaran sekitar Rp4,7 miliar. Kemudian, pada tahun 2022, Pemkab Sinjai kembali menganggarkan pembangunan gedung baru dengan anggaran mencapai Rp3,5 miliar.

Menurut, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Sinjai, dr. Emmy Kartahara Malik, Bupati ASA memang menaruh perhatian yang luar biasa di bidang kesehatan. Berbagai program yang diluncurkan agar taraf hidup sehat masyarakat bisa ditingkatkan.

BACA JUGA:
Berstandar Nasional, RPH Modern yang Dibangun di Sinjai Selatan Dipastikan Serap Tenaga Kerja

Kerap Jadi Langganan Banjir, Bupati ASA Bangun Drainase Baru di Jalan Gunung Lompobattang

Mulai dari pemberian insentif petugas kesehatan, berbagai macam inovasi pelayanan kesehatan, hingga pembangunan dan penyediaan sarana prasana kesehatan yang memadai. Tak terkecuali Puskesmas Manipi turut menjadi perhatian dari alumni Monash Australia University itu.

“Sudah dua tahun berturut-turut kita bangun gedung baru di sana (Puskesmas Manipi Sinjai Barat Read), tahun lalu dan tahun ini,” kata Emmy, Senin (7/11/2022).

Penambahan gedung baru ini untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Bukan hanya bagi masyarakat setempat, melainkan warga Kabupaten Gowa yang memiliki akses dekat ke Puskesmas tersebut. Sehingga mereka bisa nyaman saat melakukan pemeriksaan kesehatan.

Selain itu, pembangunan Puskesmas secara bertahap ini dilakukan untuk mewujudkan pendirian rumah sakit Pratama di wilayah tersebut. “Makanya kita bangun bertahap agar, ketika semua kebutuhan tercukupi maka kita alihkan Puskesmas ini menjadi rumah sakit Pratama di Kecamatan Sinjai Barat,” jelasnya.

BACA JUGA:
Family Gathering Keluarga Besar Puang Rehe Daeng Pauling Meriah, Dihadiri Sampai Generasi ke-6

Musres KBPP Polres Sinjai, Plh Sekda Harap Sinergitas

Bupati ASA, dalam berbagai kesempatan memang selalu menyebut jika pembangunan dan perbaikan fasilitas kesehatan merupakan salah satu program prioritasnya dengan harapan pelayan kesehatan di Sinjai semakin baik. Sehingga, masyarakat bisa mendapatkan pelayanan yang cepat dan terjamin.

Termasuk menambah semangat dan menumbuhkan kepercayaan diri para tenaga kesehatan untuk meningkatkan pelayanan dengan turut menjalankan fungsi promotif dan preventif dalam menanggulangi berbagai permasalahan kesehatan di tengah masyarakat.

Sekadar diketahui, Puskesmas Manipi diproyeksikan akan dialihkan menjadi Rumah Sakit Pratama Kedua di Kabupaten Sinjai, setelah di tahun 2021, rumah sakit Pratama rampung dibangun di Bulupaccing, Desa Alenangka, kecamatan Sinjai Selatan. Kehadiran Rumah Sakit Pratama menjadi janji politik Bupati ASA kepada masyarakat Sinjai. (Si/UC)

Komentar Facebook