oleh

Dukung Pelayanan Kesehatan, Dinkes Sinjai Tambah 10 Kendaraan Operasional, Ada Ambulans

INFOKESEHATAN.COM, – Tahun ini Dinas kesehatan (Dinkes) Sinjai, melakukan pengadaan kendaraan operasional. Jumlahnya sebanyak 10 unit.

Sekretaris Dinkes Sinjai, drg Farina Irfani mengatakan, pengadaan kendaraan operasional untuk mendukung kerja tenaga kesehatan (nakes) sehingga kendaraan tersebut untuk Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di kecamatan.

Dari 10 kendaraan operasional, 1 diantaranya ambulans rujukan, sedang sisanya kendaraan roda 2. Pengadaan kendaraan operasional ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik tahun 2022.

“Kendaraan Operasional ambulans itu anggaranya Rp600 juta sedangkan kendaraan roda 2 masing-masing Rp35 juta per unit. Insya Allah bulan Agustus sudah selesai karena sementara dikerja karoserinya oleh pihak ketiga,” katanya, Rabu (20/7).

Menurut drg Arin, saat ini Puskesmas yang ada di Kabupaten Sinjai memiliki masing-masing 2 unit kendaraan operasional ambulans. Ada yang digunakan melayani pasien rujukan dari Puskesmas ke RSUD Sinjai.

Satu ambulans lainnya melakukan pelayanan puskesmas keliling atau mendukung program home care dan home visit. Belum termasuk armada kendaraan roda dua.

Dengan begitu, drg Arin sapaan akrabnya layanan kesehatan masyarakat dapat dimaksimalkan. “Jadi memang kita sudah siapkan setiap Puskesmas itu 2 armada Ambulansnya. Kecuali Pulau Sembilan yang menggunakan ambulans laut,” tambahnya.

Untuk itu, pihaknya akan turun melakukan penilaian ke Puskesmas mana yang paling membutuhkan ambulans. Penilaian itu berdasarkan kondisi mobil, apakah hanya perlu perbaikan atau pengadaan ambulans baru.

Termasuk mengecek langsung kondisi ambulans Puskesmas Tengnga Lembang, di Desa Bonto Salama, Kecamatan Sinjai Barat yang dikabarkan memindahkan pasien rujukan ke mobil umum, lantaran rem cakram ambulans mengeluarkan bunyi yang tak seperti biasanya.

“Kita akan lihat kondisinya setiap ambulans yang ada, apalagi penggunaan operasional seperti ambulans terus menerus dipakai makanya kita akan lihat apakah hanya butuh perbaikan atau bahkan pengadaan baru,” pungkasnya.

Sementara untuk pengadaan 9 kendaraan operasional roda 2 di Puskesmas, kata dia diperuntukkan dalam melakukan pelayanan hingga ke dusun.

“Peruntukannya untuk Puskesmas keliling karena tenaga kesehatan (Nekes) kita ini melakukan pelayanan hingga ke dusun-dusun utamanya program home care dan home visit,” jelasnya. (Tim)

Baca Selengkapnya

Komentar Facebook