Dukung Program Prioritas Pj Bupati, Kesbangpol Sinjai Akan Dirikan Posko Desk Pemilu

KABARSINJAI Dalam persiapan menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) mendatang, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sinjai akan mendirikan Posko tim Dukungan Elemen Satuan Kerja (Desk) Pemilu.

Langkah ini diambil guna memastikan pelaksanaan pemilu berjalan lancar dan demokratis di Kabupaten Sinjai.

Posko Desk Pemilu ini akan menjadi pusat koordinasi untuk mengelola informasi terkait pemilu, termasuk pelaporan hasil monitoring atau pemantauan dari berbagai sumber.

Selain itu, Kesbangpol Sinjai juga akan membentuk tim pemantau yang akan bertugas mendeteksi secara dini berbagai potensi permasalahan yang dapat mengganggu atau bahkan menggagalkan tahapan Pemilu.

“Posko Desk Pemilu ini segara kita dirikan di Kesbangpol Sinjai termasuk membentuk tim pemantau pelaporan evaluasi perkembangan politik di daerah ini”, Ungkap Kepala Kesbangpol Sinjai, Akbar saat ditemui diruang kerjanya, Jumat (05/01/2024) sore..

Dijelaskan bahwa Posko Desk Pemilu ini akan melibatkan beberapa unsur baik dari aparat pemerintah daerah, Kepolisian, TNI maupun dari Kejaksaan.

“Hal ini kami juga sudah laporkan ke pak Pj Bupati Sinjai dan memerintahkan untuk segera  dilaksanakan”, Sebutnya.

Menurutnya, posko Desk Pemilu dan Tim Pemantau ini adalah langkah proaktif untuk memastikan setiap tahapan pemilu berjalan sesuai aturan dan menciptakan lingkungan politik yang sehat.

Selain itu kata dia, sekaligus untuk mendukung salah satu program prioritas Pj Bupati Sinjai yakni sukses penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024. berlangsung secara luber, jurdil, lancar, aman dan damai.

“Jadi Posko Desk Pemilu ini tidak hanya berpusat dikota saja, namun kita upayakan ada disetiap kecamatam bahkan di desa -desa, termasuk membentuk tim pemantau pemilu yang melibatkan unsur tripika kecamatan, aparat desa, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan pihak-pihak terkait lainnya”, Urainya.

Diharapkan, keberadaan Posko Desk Pemilu dan Tim Pemantau ini nantinya dapat meningkatkan transparansi dan kepercayaan masyarakat terhadap proses politik di Kabupaten Sinjai.

Kemudian dalam menghadapi Pemilu mendatang, pihaknya juga telah mengagendakan rapat koordinasi dengan Forkopimda termasuk para penyelenggara Pemilu guna membahas terkait pelaksanaan Pemilu yang akan digelar pada 14 Februari mendatang. (**)