oleh

Ehemmm… Ketua KPU dan Bawaslu Sinjai Temui Bupati ASA?

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Pertemuan antara Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sinjai dengan Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) menuai sorotan.

Salah satu aktivis politik, Muh. Irwan menilai pertemuan yang berlangsung di pendopo Rumah Jabatan (Rujab) Bupati beberapa waktu lalu itu, menimbulkan kontra terhadap independensi kedua lembaga tersebut.

“Pertemuan kedua lembaga itu dengan Bupati jelang pilkada 2024 mendatang menimbulkan tanda tanya terhadap profesionalisme keduanya. Tak hanya itu, bayang-bayang Bawaslu dan KPU yang tidak independen juga terkuak,” kata Irwan. Sabtu, (21/08/2021)

Pertemuan mereka (KPU, Bawaslu, Bupati ASA-red) kata Irwan, justru menimbulkan kecemasan publik. Bawaslu dan KPU akan sulit mendapat kepercayaan publik, mengingat KPU dan Bawaslu merupakan penyelenggara Pilkada.

BACA JUGA: Kok Bisa… Baliho HUT RI di Rujab Wakil Bupati dan Rujab Bupati Sinjai Beda Gambar

Ia menilai, tugas KPU mengumpulkan dan mensistemasikan bahan-bahan serta data hasil pemilihan, memimpin tahapan kegiatan pemilihan bisa saja tercederai dengan pertemuan itu.

“Ini sangat berbahaya mengingat kewenangan besar Bawaslu dalam menangani perkara-perkara administratif dan juga terkait money politik dalam penyelenggaraan pemilu begitu juga dengan KPU yang fungsinya selaku penyelenggara,” tambahnya.

BACA JUGA: Dana Pinjaman PEN, Kepala BPKAD Sinjai: Yang Benar Rp100 Miliar

Ketua Bawaslu Sinjai, Muhammad Rusmin tidak menampik perihal kunjungannya itu. Ia mengatakan kunjungan tersebut dalam rangka mempererat hubungan silaturahmi.

“Itu hanya silaturahmi, kami hanya sekedar ngopi-ngopi dengan bupati, karena tidak enak kalau di luar, apalagi ini Bupati,” kata Rusmin. Kamis, (19/08/2021)

(Tim)

Komentar Facebook

BERITA TERBARU