oleh

Eksportir Produk Perikanan Berinvestasi di Sinjai, Bupati ASA Tekankan Utamakan Tenaga Kerja Lokal

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Keseriusan Bupati Sinjai Andi Seto (ASA), untuk membuka lapangan kerja di Kabupaten Sinjai sesuai visi misinya perlahan direalisasikan.

Selain membuka lapangan kerja dengan membangun dua sentra industri yakni peternakan dan logam, kali ini Bupati ASA menggandeng salah satu investor pengolahan ikan.

Ialah PT Lontara Jaya Sakti, perusahaan yang bergerak di bidang eksportir pengolahan ikan, seperti produk frozen, ikan fresh hingga pindangnya.

Kabar baik ini diketahui setelah pihak PT Lontara Jaya Sakti, melakukan audiens dengan Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) di Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Sinjai, Senin sore (26/7/2021)

BACA JUGA: Buka Lapangan Kerja Baru, Pemkab Sinjai Bangun Dua Sentra Industri

Citra perwakilan PT Lontara Jaya Sakti membeberkan, alasan memilih berinvestasi di Sinjai, sebab potensi perikanan cukup besar. Sekitar 60 persen hasil perikanan dan kelautan Sinjai yang masuk ke kawasan Kima Makassar di ekspor keluar.

“Saya katakan 60 persen itu hasil perikanan yang masuk ke Makassar untuk di ekspor itu didapat dari Sinjai. Selain itu produk perikanannya lebih fresh yang kita ambil langsung dari Sinjai”, ungkap Citra.

Pengolahan hasil perikanan dan kelautan ini rencananya akan beroperasi di kawasan Pusat Pelelangan Ikan (PPI) Lappa dan sentra pengolahan ikan di IKM Larea-rea.

“Insya Allah tahun ini tapi kita akan urus pengajuan standarisasi kelayakan pengelolaannya dulu, begitu keluar izinnya, kita bisa mengolah atau produksi dan langsung di ekspor “, jelasnya.

Sementara itu, Bupati ASA merespon positif rencana investasi PT Lontara Jaya Sakti di Kabupaten Sinjai. Menurut Bupati ASA, kehadiran investor untuk berinvestasi akan membawa dampak positif bagi perekonomian nelayan dan warga sebab peluang lapangan kerja terbuka lebar.

BACA JUGA: Warga Lappa Keluhkan Air Tidak Mengalir, DPRD Hadirkan Direktur PDAM Sinjai

Termasuk membantu nelayan karena bahan pokoknya 100 persen dari hasil tangkapan nelayan, sehingga bisa langsung dibeli oleh pihak PT Lontara Jaya Sakti.

“Masuknya eksportir ini pasti menyerap tenaga kerja lokal, itu sudah menjadi hal mutlak. Apalagi produknya diolah di Sinjai dan langsung di ekspor, tidak perlu lagi ke Makassar lagi”, tandas Bupati ASA didampingi Kadis Perikanan Sinjai, H Haris Achmad.

Dengan adanya investor yang membuka usaha semacam ini, kata Bupati ASA akan menjadi percontohan sehingga bisa merangsang investor-insvestor berskala besar untuk masuk ke Sinjai. (TIM)

Komentar Facebook

BERITA TERBARU