oleh

Enggan Terbitkan Suket Bebas Corona, ini Alasan Dinkes Sinjai

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Surat keterangan sehat bebas virus corona (Covid-19) tidak diterbitkan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sinjai.

Padahal surat ini menjadi persyaratan penting bagi warga yang akan kembali ke perantauan atau melakukan perjalanan keluar kota.

Hal itu ditegaskan Pelaksana tugas (Plt) Kadis Kesehatan, drg Farina Irfanji, yang ditemui diruang kerjanya, Rabu (10/6/2020)

Menurut drg Arin sapaan akrabnya, surat bebas corona yang tidak diterbitkan itu berdasarkan hasil uji cepat atau rapid test dan uji swab polymerase chain reaction (PCR) Covid-19.

Baca Juga: Pulang Mencari Rumput, Warga Tellulimpoe Ditemukan Tewas Tersangkut di Akar Bakau

Uji swab PCR, kata dia hanya diperuntukan bagi warga Sinjai yang berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG), Orang Dalam Pemantauan (ODP) maupun Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

“Untuk pelayanan rapid tes maupun PCR belum kami lakukan untuk masyarakat umum termasuk bagi warga yang ingin mendapatkan surat keterangan bebas corona karena yang kami utamakan saat ini adalah warga yang pernah kontak erat dengan pasien corona berdasarkan hasil tracking yang kami lakukan”, katanya.

Baca Juga: Hasil Swab Negatif, 7 Penghuni Ruang Isolasi Hotel Sinjai Dipulangkan

Tidak hanya di Dinkes, aturan tidak menerbitkan surat keterangan sehat bagi masyarakat umum itu, ungkap drg Arin, juga berlaku di Puskesmas dan RSUD Sinjai.

Sehingga bagi warga yang ingin kembali ke daerah perantauan atau ingin keluar kota, surat keterangan bebas corona ini bisa diurus di Rumah sakit atau klinik swasta yang menyiapkan suket tersebut. (And)

Editor/Andis

Komentar Facebook

BERITA TERBARU