oleh

Fahri Sebut Kapal Pelra Memiliki Sistem Navigasi yang Lengkap

KABARSINJAI.COM, Sinjai – Telah diresmikan dan diuji coba oleh Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa.

Kapal Pelayaran Rakyat (Pelra), bantuan dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kini sudah bisa dinikmati masyarakat Pulau Sembilan.

Bahkan Kapal Pelra transportasi masyarakat yang diberi nama ‘Benawa Nusantara 105’ itu merupakan roda transportasi yang alternatif.

Apalagi diketahui Sinjai memiliki beberapa pulau, oleh karena itu kehadiran kapal ini akan sangat membantu masyarakat.

Kepala Bidang (Kabid) Perhubungan Laut Dinas Perhubungan (Dishub) Sinjai, Fahri menyampaikan bantuan Kapal Pelra ini tentu tidak lepas dari perhatian Bupati Sinjai.

“Jadi bantuan dari pusat ini melalui galangan kapal PT. Swarna Centra Buana Indonesia di Bulukumba yang diterima langsung oleh Kadishub Sinjai beberap waktu lalu”, Ujarnya.

Lihat juga: Diresmikan, Kapal Pelra KM Benawa Nusantara 105 Angkut Bupati Ke Pulau Sembilan

Kini kapal tersebut sudah bisa dimanfaatkan dan sandar di pelabuhan Cappa Ujung, Kelurahan Lappa, Kecamatan Sinjai Utara.

Dijelaskan, kapal Pelra dengan status hibah ini memiliki bobot 35 GT dan mampu melaju dengan kecepatan 9 knot untuk memuat penumpang, barang maupun berbagai kebutuhan masyarakat di Kabupaten Sinjai.

Selain itu kapal ini juga di lengkapi dengan sistem navigasi yang lengkap.

Kelebihan lainnya karena di kabin penumpang sudah di lengkapi dengan pendingin ruangan, audio visual, dapur minimalis, WC sampai dengan penunjang keselamatan penumpang ( life jacket) untuk anak-anak dan dewasa. Kemudian Kapal ini memiliki kapasitas 30 orang dengan muatan maksimal 10 ton.

“Selain fungsinya sebagai alat transportasi masyarakat juga diharapkan bisa menjadi penunjang pengembangan kepariwisataan di Kabupaten Sinjai ke depan”, Jelas Fahri.

Sementara itu Bupati Sinjai sangat berharap dengan adanya bantuan kapal ini masyarakat Pulau Sembilan dapat memanfaatkan dengan baik dan merasakan bentuk perhatian Pemkab kepada warga pesisir.

“Kami akan selalu memberikan perhatian, kami berusaha dan memanfaatkan sumber anggaran yang ada untuk pembangunan di Pulau Sembilan”, Kata Bupati saat peresmian Kapal ini, Jumat (24/01) di Pelabuhan Cappa Ujung sekaligus uji coba menuju Pulau Kambuno, Desa Pulau Harapan Kecamatan Pulau Sembilan. (**)

Editor / Bahar

Komentar Facebook

BERITA TERBARU