oleh

Festival Budaya ‘Gau Pakkaja’ Akan Dibuka Langsung Bupati ASA

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Perhelatan festival budaya maritim ‘Gau Pakkaja’ yang mulai berlangsung pada Sabtu, 23 Oktober 2021 mendatang akan dibuka oleh Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA).

Kepastian itu dibeberkan setelah Dinas Pendidikan (Disdik) Sinjai melakukan rapat koordinasi dengan PKBM Todilaling selaku pelaksana dan juga seluruh unsur yang terlibat di Aula Handayani Disdik Sinjai. Kamis, (21/10/2021)

Kadis Pendidikan Sinjai, A. Jefrianto Asapa dalam arahannya menyampaikan bahwa festival budaya ‘Gau Pakkaja’ ini dilaksanakan oleh PKBM Todilaling program fasilitasi bidang kebudayaan (FBK) kategori pendayagunaan ruang publik Kemendikbud Ristek.

Mengingat event ini berskala besar, pihaknya sangat mengharapkan kepada seluruh pihak untuk berpartisipasi dan mendukung pelaksanaan kegiatan ini, apalagi dilaksanakan dalam masa pandemi Covid-19.

BACA JUGA: Sinjai Ikuti Penilaian Verlap Replikasi Inovasi Pelayanan Publik

“Kami sangat mengharapkan bantuan OPD dan seluruh stakeholder terkait agar kegiatan ini berjalan sukses sebab ini tentunya akan menggairahkan wisata dan budaya Sinjai secara keseluruhan,” jelasnya.

Menurut Jefrianto, program ini sangat erat kaitannya dengan Program Bupati Sinjai dalam hal pengembangan budaya daerah sehingga PKBM Todilaling yang dipercayakan menggelar event ini menjadi peluang bagi Pemerintah Daerah untuk mempromosikan berbagai kebudayaan lokal Sinjai.

Sementara itu Kepala Disparbud Sinjai, Yuhadi Samad menyambut baik rencana kegiatan ini dalam rangka memajukan budaya daerah melalui festival budaya ‘Gau Pakkaja’.

“Kami dari Disparbud sangat mengapresiasi kepada Dinas Pendidikan melalui PKBM Todilaling yang tak henti-hentinya mensuport untuk kemajuan budaya lokal yang ada di Sinjai,” jelasnya.

BACA JUGA: Bupati Sinjai Terkesan Tidak Merakyat, Tapi Fakta Kebijakannya Pro Rakyat

Melalui event budaya ini kata Yuhadi, menjadi ajang untuk memunculkan budaya ‘Gau Pakkaja’ dan menjadi aset yang penting untuk mempromosikan Budaya Sinjai.

“Kita berharap staholder terkait lewat arahan bapak Bupati, semua OPD bisa bersinergi sehingga kegiatan inu berjalan baik dan menjadi barometer bagaimana mengangkat nilai-nilai budaya Sinjai yang pada akhirnya akan menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Sinjai,” ungkapnya.

Festival budaya ini rencananya akan berlangsung selama sepekan dari tanggal 23 hingga 30 Oktober 2021 yang diawali dengan pertunjukan tari kolosal yang dipusatkan di Pelabuhan Cappa Ujung Kelurahan Lappa Kecamatan Sinjai Utara.

Adapun beberapa rangkaian dalam event budaya ini diantaranya pertunjukan budaya daerah, pameran seni rupa budaya daerah, festival permainan tradisional, jejak kuliner daerah, seminar budaya pesisir dan gerakan budaya sehat. (Tim)

Komentar Facebook

BERITA TERBARU