oleh

Festival ‘Gau Pakkaja’ Bakal Dihelat di Sinjai

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Todilaling Kabupaten Sinjai diberikan kepercayaan dan amanah untuk menyelenggarakan kegiatan budaya yang digagas oleh Direktorat Jenderal (Ditjen) Kebudayaan Kemendikbud RI.

Kegiatan melalui program fasilitasi bidang kebudayaan (FBK) kategori pendayaagunaan ruang publik, PKBM Todilaling Sinjai akan melaksanakan festival budaya ‘Gau Pakkaja’ yang akan dilaksanakan pada tanggal 23 Oktober 2021 mendatang.

Ketua PKBM Sinjai, Hj Ernawati Madi mengatakan bahwa dari 6.915 lembaga/organisasi yang bergerak di bidang kebudayaan di Indonesia yang mendaftar program ini, PKBM Todilaling Sinjai menjadi salah satu dari 81 lembaga yang berhasil lolos untuk mendapatkan program ini.

“Alhamdulillah ini suatu kebanggaan bagi kami dari PKBM Todilaling dipercayakan untuk menggelar festival budaya maritim yang rencananya akan digelar di kelurahan Lappa Kecamatan Sinjai Utara,” jelasnya saat ditemui, Rabu (6/10/2021)

BACA JUGA: Kasus Corona Melandai, Status Sinjai Turun ke PPKM Level 2

Gau Pakkaja merupakan kegiatan kebudayaan masyarakat Lappa yang diselenggarakan sebagai ungkapan rasa syukur kepada yang maha kuasa terhadap rezeki yang diberikan melalui hasil laut.

Ernawati menjelaskan, festival budaya yang akan dilaksanakan selama sepekan nantinya akan ada berbagai event budaya yang ditampilkan untuk mengangkat budaya dan kearifan lokal yang ada di Sinjai.

Beberapa rencana kegiatan diantaranya opening festival Gau Pakkaja lewat tarian kolosal yang akan dipusatkan di Pelabuhan Cappa Ujung, Kelurahan Lappa.

Selain itu ada jejak kuliner yang menampilkan berbagai kuliner khas Sinjai, pertunjukan budaya dari berbagai sanggar seni, pameran lukisan, seminar budaya, tradisional games (permainan tradisional) dan gerakan budaya sehat.

BACA JUGA: Mudahkan Warga Dapatkan Akses Keadilan, Program Bantuan Hukum Gratis Digulirkan Setiap Tahun

“Tujuan kita tidak lain untuk memajukan budaya daerah khususnya di Sinjai yang selama ini belum kelihatan atau belum terjangkau masyarakat luas,” bebernya.

Melaui festival budaya ini juga diharapkan menjadi semangat bagi para pelaku budaya yang selama ini vakum akibat adanya pandemi Covid-19 sehingga melalui event ini bisa kembali menggairahkan spirit budaya daerah.

Ernawati juga berharap melalui kegiatan ini nantinya bisa mengangkat kebudayaan yang ada di Sinjai sehingga masyarakat khususnya para generasi milenial dapat mengetahui kebudayaan lokal serta juga menjadi ajang promosi untuk mendatangkan wisatawan. (Tim)

Komentar Facebook

BERITA TERBARU