oleh

Gandeng Bank Sulselbar, Pemkab Sinjai Ajak UMKM Bertransaksi Digital

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Sejumlah pelaku usaha atau UMKM di Kabupaten Sinjai mengikuti Sosialisasi Digitalisasi Perbankan melalui QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard). Rabu, (28/07/2021)

Difasilitasi oleh Bank Sulselbar Cabang Sinjai, sosialisasi tersebut kata Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sinjai, Asdar Amal Darmawan sebagai upaya digitalisasi di sektor usaha UMKM.

“Sosialisasi ini kita arahkan untuk memperkenalkan aplikasi transaksi digital QRIS yang dikembangkan Bank Indonesia,” ujarnya saat ditemui usai kegiatan sosialisasi di ruang rapat Bank Sulselbar Sinjai.

Selain itu lanjutnya, ini merupakan upaya pemerintah daerah dalam hal ini tim percepatan dan digitalisasi daerah untuk semakin memperluas aktivitas transaksi keuangan.

BACA JUGA: Pantau Pembagian BST, Bupati ASA: Alhamdulillah Warga Antusias

“Kami berupaya agar di tingkat pemerintahan maupun di sektor usaha untuk menggunakan sistem pembayaran digital atau non tunai,” tambahnya.

Di tempat yang sama, Pimpinan Bank Sulselbar Cabang Sinjai, Muhammad Anas menjelaskan berbagai kemudaha yang ditawarkan QRIS dalam hal transaksi digital.

“Aplikasi ini memudahkan kita melakukan pembayaran, salah satunya biasanya kan uang kembalian jika membeli sesuatu itu susah diambil, namun kalau menggunakan QRIS ini, jumlahnya sudah tepat walaupun ada harga Rp1 itu bisa masuk ke rekening,” jelasnya.

Tidak hanya itu, dengan QRIS ini menurut Anas, masyarakat akan terhindar dari peredaran uang palsu.

BACA JUGA: Kata Bupati ASA Saat Meresmikan Gedung Pertokoan Primkoppol Polres Sinjai

“Caranya, hanya melakukan scan di barcode yang tersedia, maka dana rekening kita secara otomatis akan berpindah kepada orang lain,” bebernya.

Untuk langkah awal ini tambah Anas, pihaknya melakukan sosialisasi kepada pelaku UMKM yang ada di Jalan Tondong, Kecamatan Sinjai Utara.

“Harapan kami ke depannya, akan kita kumpulkan pelaku usaha yang lain untuk diberikan sosialisasi,” kuncinya. (Tim)

Komentar Facebook

BERITA TERBARU