oleh

Gegara ini, Asosiasi BPD Sinjai Layangkan Aspirasi ke Wakil Rakyat

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Berbagai macam aspirasi selama ini telah diterima oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sinjai yang berasal dari lembaga ataupun kalangan masyarakat.

Pada kesempatan ini, DPRD kembali menerima aspirasi yang kali ini dari Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Sinjai.

Dalam aspirasinya, Asosiasi BPD Sinjai menyampaikan aspirasinya terkait revisi UU No 6 tahun 2014 tentang Desa yang diterima langsung Ketua Komisi I DPRD, Jamaluddin bersama legislator lainnya, Muh Dahlan di ruang Rapat DPRD. Kamis, (17/06/2021)

Menurut Anggota BPD A. Maddolangeng, dalam revisi ini ada hal yang menguatkan serta melemahkan fungsi BPD.

BACA JUGA: OPINI: Masyarakat Jangan Terjebak dalam Informasi yang Belum Dapat Dipastikan Kebenarannya

“Kami mendukung revisi itu selama itu menguatkan untuk pembangunan pemerintahan di desa,” katanya.

Namun lanjutnya, beberapa poin yang melemahkan fungsi BPD diantaranya, BPD tidak lagi diberikan tunjangan tetap, hanya tunjangan per kegiatan. Kedua, BPD tidak berhak lagi mengevaluasi kinerja Kepala Desa serta tidak berhak mendapatkan biaya operasional.

Pada poin keempat, BPD tidak berhak mendapatkan biaya pengembangan kapasitas, dan BPD tidak dapat langsung menampung, menyerap dan menindaklanjuti aspirasi masyarakat.

“Beberapa poin tersebut yang kami anggap melemahkan fungsi BPD, olehnya itu kami meminta DPRD untuk memfasilitasi ke pihak Kementerian hingga ke DPR RI terkait persoalan ini,” pintanya.

BACA JUGA: Bupati ASA Jajal Kemampuan Menembaknya di Kejuaraan Kapolda Sulsel Cup IX

Menanggapi hal tersebut, Ketua Komisi I DPRD Jamaluddin mengapresiasi Anggota BPD terhadap cepat tanggapnya menyikapi revisi UU tersebut.

“Insya Allah segera akan kami sampaikan kepada Pimpinan untuk segera ditindaklanjuti,” tandasnya.

Turut hadir dalam penyampaian aspirasi tersebut Ketua Asosiasi BPD, Andi Iwan Usman dan para perwakilan BPD dari masing-masing desa di Kabupaten Sinjai. (Tim)

Komentar Facebook

BERITA TERBARU