Genjot Penerimaan Pajak, Pemkab Sinjai Serahkan Alat Perekam Transaksi Online ke Pengusaha

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Pemerintah Kabupaten Sinjai melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sinjai Genjot Penerimaan Pajak Rumah Makan, warung dan Restoran.

Dengan bekerjasama Bank Sulselbar Cabang Sinjai, Bapenda kembali menyediakan 14 unit Mobil Payment Sistem Online (MPOS) yang diserahkan kepada pengusaha.

14 unit MPOS tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa di salah satu Rumah makan ternama di Jalan Persatuan Raya, Selasa (20/08/19) siang.

Ditemui awak media, Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa menyambut baik terobosan Bapenda Sinjai yang dinilai dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui pajak rumah makan, warung dan restoran.

Terbukti, ungkapnya sejak pemasangan tahap pertama beberapa bulan lalu, PAD dari sektor tersebut terbilang meningkat signifikan mencapai hampir 400 persen.

Baca Juga: Dikunjungi Diskominfo Soppeng, Sinjai Kembali Jadi Tempat Belajar Pengelolaan Media Massa Lokal

“Ini yang juga menyebabkan kami meminta penambahan unit MPOS melalui vendor Bank Sulselbar Sinjai agar penerimaan pajak maksimal,” katanya.

Andi Seto menegaskan bahwa upaya peningkatan penerimaan pajak ini semata-mata untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Ini bukan untuk pribadi apalagi sampai menyusahkan masyarakat. Intinya ini untuk kepentingan masyarakat karena dengan dengan bertambahnya penerimaan pajak juga pasti akan meningkatkan pelayanan masyarakat,” jelasnya.

Sementara Kepala Bapenda Sinjai Asdar Amal Darmawan, menuturkan, MPOS tersebut berfungsi sebagai alat perekam transaksi yang dilakukan di rumah makan atau restauran yang langsung terkoneksi dengan server Bapenda, Bank Sulselbar serta KPK.

Baca Juga: Alhamdulillah, Jamaah Haji Sinjai Tiba di Tanah Air dengan Selamat

Tujuannya untuk mencegah kebocoran PAD dari penerimaan pajak tersebut, karena selain mudah dipantau, pengoperasian alat perekam transaksi ini juga terbilang modern.

“Ini sudah kita terapkan ditahap awal ada 7 pada bulan Juni (bulan ramadan) kemarin dan hari ini sudah 21 dengan tambahan 14 unit MPOS,” pungkasnya.

Dikatakan, hingga saat ini sudah terdata 120 gabungan rumah makan, warung dan restauran yang memiliki potensi pajak. Namun dalam pemasangan MPOS akan dilakukan secara bertahap.

Penyerahan 14 unit MPOS kepada pengusaha rumah makan, warung dan restoran ini turut disaksikan Wakil Bupati Sinjai Hj Andi Kartini Ottong, Ketua DPRD Abd Haris Umar, Wakil Ketua I dan II DPRD Sinjai, para Asisten, Kepala Perangkat Daerah, serta Kepala Bank Sulselbar Cabang Sinjai. (Adi)

Editor/Andis