Giliran Labkesda Sinjai Jalani Survei Re-akreditasi

KABARSINJAI – Tim surveyor dari Lembaga Akreditasi Fasilitas Kesehatan Indonesia (LAFKI) melakukan survei re-akreditasi UPTD Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kabupaten Sinjai, Selasa (12/12)

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Sekertaris Daerah Sinjai Andi Jefrianto Asapa, bertempat di Lantai II Labkesda Sinjai, di Jalan Jenderal Sudirman.

Kepala UPTD Labkesda Sinjai Supardi dalam laporannya menyampaikan bahwa akreditasi ini bertujuan untuk mengetahui peta keberadaan Labkesda dari seluruh aspek mulai dari sarana dan prasarana, petugas, kinerja dengan segala aspek yang menjadi pendukungnya.

“Akreditasi ini diharapkan dapat memberitahu kepada masyarakat tentang keberadaan kinerja laboratorium bukan hanya memeriksa sampel tetapi hakikat kinerja Labkesda itu sendiri,” jelasnya.

Sekda Sinjai Andi Jefrianto Asapa menyampaikan bahwa Pemkab Sinjai membangun laboratorium sebagai salah satu sarana penunjang dalam mewujudkan kesehatan masyarakat.

Menurutnya, penilaian akreditasi Labkesda sangat penting dilakukan agar mutu dan kualitas dapat diwujudkan dan dibudidayakan dalam sistem pelayanan laboratorium sesuai dengan pedoman dan standar pelayanan kesehatan yang ditentukan.

“Saya yakin kepala UPTD Labkesda bersama jajaran dengan dukungan penuh dari Dinas Kesehatan akan terus berkomitmen dalam meningkatkan kapabilitas dan mutu pelayanannya,” jelasnya.

Iapun berharap melalui akreditasi ini, menjadikan Labkesda Sinjai hebat dalam memberikan layanan kesehatan ddngan penerapan transformasi sistem kesehatan sehingga paripurna dalam memberikan layanan dan dapat dipertanggungjawabkan.

Dalam Pembukaan akreditasi ini turut dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Sinjai dr. Emmy Kartahara Malik, tim surveyor dari LAFKI, perwakilan dari Camat Sinjai Utara, Kepala Puskesmas Balangnipa dan jajaran dari Labkesda Sinjai. (And)